Galakan Program Vaksinasi, Warga Pantai Cermin Sebut Kita Divaksin Menjaga Keluarga dan Tubuh Sehat

Masyarakat Pantai Cermin laksanakan Vaksinasi.(ist)
SERGAI- Beragam upaya telah dilakukan pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai untuk mengatasi pandemi COVID-19.
Satu di antara upaya yang dinilai paling efektif untuk memutus rantai penularan virus corona yang masih berlangsung ialah pemberian vaksin kepada seluruh lapisan masyarakat.
Di beberapa titik, di Kecamatan se Kabupaten Serdang Bedagai terus mengadakan Gempur Vaksinasi bagi masyarakat yang melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak, ambil bagian dalam suksesnya herd Imunity, guna masyarakat sehat, jauh dari coronavirus disease 2019, mendapat respon positif dari masyarakat.
Kepada media, Husain (63) warga Dusun XII Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (14/12/2021) menyampaikan bahwa dirinya melakukan vaksin sebab kesadaran akan pentingnya kesehatan diri dan keluarga.
“Aktivitas saya pak sebagai tukang becak, ya saya sadar lah akan pentingnya melakukan vaksin, ”
“Selain saya yang sehat, keluarga saya juga harus sehat lah pak. Apa lagi saya setiap hari ngebecak pak, gak tau saya apakah sewa saya sehat atau sedang sakit, saya tidak tau juga pula sewa saya terkena COVID-19 atau tidak,”ungkapnya.
Husain menambahkan bahwa melihat kondisi yang seperti ini, dirinya sadar akan peran penting kekebalan tubuh, untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan vaksin, demi diri sendiri dan keluarga dirumah.
Ditempat yang sama, Tumirah (62) warga Dusun IX Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin mengisahkan bahwa dirinya telah melakukan vaksinasi hingga ketahap II, disebutkannya, setelah ia mengikuti vaksin tahap II tidak ada gejala yang timbul hanya pada tahap I ia merasakan demam.
“Tidak seperti yang dibilang orang orang, bahwa vaksin itu menyeramkan, saya pak, setelah vaksin ke 2 langsung pergi keladang, untuk panen sawi, tidak ada tuh seperti yang dibilang orang, ya mungkin tergantung orangnya pak,” tegas Tumirah.
Dalam kesempatan itu, Tumirah sembari duduk menyebutkan bahwa vaksin aman, vaksin halal, tidak menyebabkan gejala seperti rumor yang beredar di masyarakat.
“Ngapain harus takut, vaksinnya kan dijamin pemerintah, ya pasti aman lah,”ujarnya.
Hal yang serupa juga dikatakan oleh Suri (34) warga Sukaramai Dusun IX Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin bahwa seluruh keluarga yang tinggal bersamanya telah melakukan vaksin COVID-19, dirinya menyadari akan pentingnya kekebalan tubuh untuk melawan penyebaran COVID-19.
Suri yang pada kesempatan itu mengantarkan anak-anaknya melakukan Vaksin di Kantor Desa Celawan Kecamatan Pantai menyebutkan bahwa vaksin diibaratkan seperti melakukan imunisasi, “Vaksin aman gak menakutkan, vaksin itu macam imunisasi, gejalanya paling hanya demam saja, itupun sebentar, ” Sebut Suri.
Sebagai informasi, ada beberapa manfaat dari Vaksinasi Covid 19 diantaranya adalah
Menciptakan respon anti bodi, mencegah virus COVID-19 masuk ke dalam tubuh, menghentikan virus masuk kedalam tubuh, menurunkan angka kesakitan atau kematian yang disebabkan COVID-19
Selanjutnya, mendorong terbentuknya herd Imunity. Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus corona sangat kecil.
Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti semula.”tutup mengakhiri.(Sugi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *