Umar Zunaidi Hasibuan : PNS Punya Modal Dasar Ilmu dan Berkomunikasi

Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M (Foto.dok/Kominfotebingtinggi)
TEBINGTINGGI, Timenews.co.id| Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia(BKPSDM) menggelar pembekalan keterampilan wirausaha terhadap PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang memasuki batas usia pensiun di Lingkungan Pemko Tebing Tinggi, Selasa (21/12/2021) di Gedung Pertemuan Balai Kartini Jalan Gunung Leuser.
Dihadiri Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. didampingi Sekdako Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP.
Disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi dalam bimbingannya, kepada PNS yang memasuki masa pensiun untuk tidak melemahkan diri dalam berusaha, yang mana diharapkan mempersiapkan diri untuk apa yang akan dikerjakan.
“PNS punya modal dasar untuk melakukan usaha dan kegiatan kedepan, antara lain; modal dasar ilmu, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, biasa melayani, biasa menyusun perencanaan dan disiplin ada dalam dirinya,” ucap Wali Kota.
Mengakhiri bimbingannya, Wali Kota berharap agar kegiatan pelatihan berlangsung berkelanjutan, sehingga bisa menjadi enterprenur yang baik.
“Dengan memohon rahmat dan ijin Allah SWT, acara pada hari ini secara resmi kami nyatakan dibuka. Mudah – mudahan acara ini memberi hasil dan manfaat bagi kita semua,” pungkas Wali Kota.
Sebelumnya, dalam laporan yang disampaikan Kepala BKPSDM Syaiful Fahri, SP., M.Si., latar belakang kegiatan adalah untuk peningkatan aparatur (kemampuan) melalui pendidikan dan pelatihan, dan sebagai salah satu bentuk rasa tanggung jawab Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam mempersiapkan hari depan bagi PNS yang memasuki masa pensiun.
Kegiatan didasarkan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/ Duda Pegawai, Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penetapan Pensiun Pokok PNS dan Janda / Dudanya serta Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 2 Tahun 2018.
Kegiatan diikuti 127 orang yang akan pensiun di tahun 2022 dari total keseluruhan masing-masing OPD di lingkup Pemko Tebing Tinggi.
Adapun materi keterampilan yaitu keterampilan wirausaha kepada pensiun/calon pensiun oleh Ibu Adek Lubis Pondok Bagelen, dengan penyampaian Materi oleh PT. Taspen Medan dan penyampaian Materi oleh PT Bank Syariah Indonesia KCU Tebing Tinggi.
Tujuan dan sasaran kegiatan adalah mempersiapkan pola pikir, keberanian, dan rasa percaya diri peserta untuk menciptakan karya dan nilai tambah dalam kehidupan dan ekonomi setelah pensiun, serta mampu menyusun recana tindakan untuk mengembangkan karir kedua atau memulai bidang usaha dan mempunyai sikap mental, emosional kesehatan, intelektual yang baik di masa pensiun.
Turut hadir Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Kabag Kesra H. Sahbana Hasibuan, M.M., RCEO RO 2 Medan PT. BSI Kemas Erwan Husainy, Pimpinan KCU Medan PT. TASPEN atau mewakili dan tamu undangan serta peserta PNS pelatihan.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *