Kenapa Harus Investasi ?

Ilustrasi Investasi (Dok/timenews.co.id)
Timenews.co.id| Saat ini Investasi bukan lagi aktifitas yang asing, dimana kalangan muda pun mampu melakukan kegiatan penanaman dana ataupun asset untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar dalam jangka waktu tertentu demi masa depan.
Jenis Investasi yang banyak dilakukan seperti tabungan, deposito, Saham, Emas, Properti dan Reksadana. Semua jenis investasi tersebut memiliki motif sebagai pengamanan kekayaan dari inflasi yakni turunnya daya beli uang yang kita miliki, sehingga banyak masyarakat yang menjadikan investasi sebagai penghasilan tetap, dan terlebih sebagai pelindung maupun peningkat kekayaan.
Investasi dapat menjanjikan keuntungan di masa depan, hanya saja investasi pastinya tidak lepas dari resiko, “ Keuntungan yang besar pastinya memiliki Resiko yang besar,”
Jadi sebenarnya tidak ada
jaminan bahwa investasi selalu menguntungkan, hal ini dapat terjadi akibat kondisi pasar yang fluktuatif, suku bunga , dan bisa jadi kondisi makro ekonomi,
maupun produk investasi yang tidak bisa dijual.
Investasi yang terbaik yang harus dilakukan adalah investasi yang dimulai dari kecil, yang dilakukan dengan konsisten, dan memiliki tujuan dan dengan rencana yang matang.
Saat akan melakukan investasi, yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah Knowledge, pahami dan kenali apa itu investasi, seperti apa dan bagaimana prosesnya juga cari tahu keuntungan yang didapatkan.
Sebelum melakukan investasi tentukan apa yang menjadi tujuan untuk melakukan investasi, agar kita mampu mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, setelah itu perlu kita untuk menetapkan target yang ingin dicapai, berapa lama kita ingin investasi dan berapa keuntungan yang ingin dicapai agar kegiatan investasi yang kita lakukan lebih terarah.
Ingat, Investasi tanpa perencanaan, sama halnya dengan naik kendaraan tanpa tujuan. Jika kita sudah mengetahui kondisi keuangan yang tidak baik, maka tidak ada kata terlambat untuk menata keuangan menjadi lebih baik lagi.**
Penulis :Ira Johana Simamora
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *