Puan Maharani Minta Pemerintah Segera Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani(istimewa)
JAKARTA, timenews.co.id| Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyampaikan keprihatinannya atas bencana gempa bumi magnitudo 6,1 yang mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat, dan sekitarnya. Ia pun meminta Pemerintah bergerak cepat untuk memberikan bantuan untuk korban.
“Duka yang mendalam saya haturkan kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi Pasaman Barat,” kata Puan, Jumat (25/2/2022) malam. Data BNPB hingga Jumat sore ini menyebutkan, terdapat 7 orang meninggal dunia dan 85 warga luka-luka akibat gempa. Sejumlah fasilitas pun ikut terdampak, termasuk kantor Bupati Pasaman Barat dan 1 unit sekolah rusak berat.
Puan mengingatkan agar korban luka-luka mendapat perawatan sebaik mungkin. “Dan belasungkawa saya ucapkan untuk korban meninggal beserta keluarga, semoga para almarhum husnul khotimah,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.
Puan berharap proses evakuasi korban gempa bumi dilakukan dengan seksama. Semua stakeholder diminta bekerja sama dengan baik di lapangan agar proses evakuasi berjalan lancar.
“Kerahkan tim SAR terdekat untuk mengevakuasi warga dan memastikan upaya-upaya penanganan darurat dapat dilakukan. Pastikan seluruh instansi siap siaga dan bisa bergerak cepat manakala ada gempa maupun bencana susulan,” tegas Puan.
Mantan Menko PMK itu juga meminta agar setiap kebutuhan korban gempa disiapkan. Puan merinci, mulai dari kebutuhan dasar seperti logistik dan alas tidur, sampai kebutuhan protokol kesehatan bagi 5.000 warga yang mengungsi di 35 titik lokasi. “Saya meminta kepada pemerintah agar segera mengirimkan bantuan dan hal-hal yang dibutuhkan terkait dampak gempa,” ucapnya.
Selain itu, warga Pasaman Barat dan sekitarnya diminta agar selalu waspada. Khususnya dengan munculnya fenomena pergerakan tanah atau lukuifaksi yang menyebabkan semburan lumpur usai gempa terjadi. “Jauhi lokasi berbahaya, dan selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan. Pastikan menjaga keamanan diri dan keluarga,” sebut cucu Proklamator RI Bung Karno itu.
Terakhir, Puan mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk ikut berpartisipasi meringankan beban dan kesedihan warga korban gempa. Kepedulian masyarakat disebutnya akan membantu meringankan duka korban. “Mari kita mendoakan saudara-saudara kita yang ada di Pasaman Barat dan saling bahu-membahu untuk terus membantu,” imbau legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V tersebut. (sug)
Sumber: dpr.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *