Anggota Komisi V DPR RI, Bob Andika Dorong Kemen-PUPR Gerak Cepat Tangani Banjir di Kabupaten Sergai

- Minggu, 18 Desember 2022 | 02:31 WIB

Jakarta (TIMENEWS.co.id) Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk bergerak cepat menangani persoalan banjir yang menimpa warga di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Diketahui, sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Sergai terendam banjir yang diakibatkan oleh adanya sedimentasi yang tinggi hingga mengakibatkan penyempitan badan sungai. Hal ini tidak lepas dari adanya pengaruh faktor alam.

"Kami sangat prihatin atas kondisi banjir di Kabupaten Sergai ini. Banyak rumah terendam. Kita dukung penuh Kementerian PUPR agar secepat mungkin membantu Pemerintah Kabupaten Sergai untuk dapat mengatasi banjir yang tiap tahunnya selalu terjadi. Kasihan masyarakat jadi sulit beraktivitas, tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari dan anak-anak sekolah banyak yang diliburkan karena dampak dari banjir," ungkap Bob dalam Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Kabupaten Sergai, Sumatera Utara, Jumat (16/12/2022) kamari.

Meski demikian, ia turut mengapresiasi langkah-langkah dan inisiatif yang dilakukan oleh Pemkab Sergai dalam menjalin kerja sama dengan stakeholder melalui Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP). Menurutnya, di tengah keterbatasan kewenangan pemerintah daerah, tidak membuatnya menyerah pada kondisi yang terjadi untuk aktif mencari alternatif.

"Banjir yang terjadi di Sergai bukan hanya jadi tanggung jawab Pemkab Sergai. Tadi kita juga sudah mendengar pernyataan Kementerian PUPR yang akan melaksanakan normalisasi, dengan syarat tidak ada masyarakat yang keberatan dengan ganti rugi. Ternyata, Pak Bupati Sergai menyatakan siap memenuhi syarat tersebut. Semoga dengan hal itu, proses normalisasi dapat lebih gencar dilaksanakan,” jelas Politisi dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara III itu.

Sebelumnya, Bupati Sergai Darma Wijaya berharap kedatangan tim Komisi V DPR RI ke Kabupaten Sergai membawa angin segara dan dapat membantu persoalan banjir yang kerap terjadi tiap tahun di Kabupaten Sergai.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X