3 Bintang Timnas Indonesia yang Gasak Taiwan

64

Timnas Indonesia mengemas kemenangan tipis atas Taiwan. (PSSI)(Foto.dok.CNN Indonesia).

JAKARTA- Dalam kemenangan Timnas Indonesia atas Taiwan pada leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, terdapat pemain-pemain yang tampil apik dengan kontribusi positif bagi permainan skuad Garuda.

Laga Indonesia vs Taiwan tidak berjalan mudah bagi anak asuh Shin Tae Yong. Pada menit-menit awal, lawan sempat mengancam gawang Muhammad Riyandi.

Timnas Indonesia baru bisa mencetak gol pada menit ke-19 melalui Ramai Rumakiek yang menuntaskan umpan Miftah Anwar Sani.

Tim Merah Putih yang kemudian dominan dalam penguasaan bola dihadapkan pula pada pertahanan rapat Taiwan.

Setelah gol kedua pada menit ke-51, yang dilesakkan Evan Dimas, Timnas Indonesia yang mengurung pertahanan lawan memiliki serangkaian peluang.

Selain itu performa kiper Shin Shinan di bawah mistar gawang negara Asia Timur itu juga menjadi kendala tersendiri.

Berikut tiga pemain Timnas yang layak menjadi bintang di laga Indonesia vs Taiwan:

1. Ramai Rumakiek

Di antara sederet nama penyerang yang ada di Timnas Indonesia, Shin Tae Yong memilih Ramai sebagai starter di lini depan bersama Kushedya Hari Yudo.

Talenta muda Persipura Jayapura itu membayar kepercayaan Shin dengan sebuah gol yang membuka kemenangan Indonesia, sekaligus membuktikan kepada khalayak bahwa ia pantas mendapat tempat di tim inti.

Namun kiprah Ramai tak lama di atas lapangan karena mengalami cedera sehingga harus ditarik keluar pada pertengahan babak pertama dan digantikan Egy Maulana Vikri.

2. Rachmat Irianto

Pemain yang bisa beroperasi di lini belakang dan lini tengah ini menempati posisi gelandang bertahan pada laga Indonesia vs Taiwan.

Rian tampil cukup meyakinkan memerankan penyeimbang di lini tengah. Saat Evan, Irfan Jaya, dan Ricky Kambuaya menyokong dua pemain depan, pemain Persebaya ini tak lupa tugas mematahkan serangan lawan.

Rian pun memudahkan tugas Victor Igbonefo dan Fachruddin Wahyudi Aryanto yang menjadi palang pintu. Jebolan Timnas Indonesia U-19 itu tercatat melakukan delapan kali intersep, atau yang terbanyak di antara semua pemain yang ada di lapangan.

Jika ada sedikit nilai kurang bagi Rian adalah kesalahan umpan yang beberapa kali dilakukannya. Rian bisa jadi akan kembali menjadi pilihan utama Shin Tae Yong pada laga kedua melawan Taiwan.

3. Asnawi Mangkualam

Menempati posisi bek kanan, Asnawi tak canggung terlibat lebih jauh dalam permainan Timnas Indonesia. Instruksi Shin Tae Yong untuk bermain di koridor tengah pada babak pertama diikuti Asnawi yang tidak melebar.

Di babak kedua, Asnawi menunjukkan kemampuan di sisi kanan berkolaborasi dengan Irfan Jaya atau Yabes Roni Malaifani.

Asnawi merupakan pemain yang paling banyak melakukan umpan sukses. Tercatat ada 79 umpan yang dikirimkan Asnawi dan sampai tujuan dengan sempurna.

Pemain Ansan Greeners ini bahkan harus sampai berdarah-darah untuk membantu pertahanan dalam menghalau serangan lawan di babak kedua.

Sumber: CNN Indonesia