Berikan Layanan Melalui Inovasi, Dirjen Dukcapil Raih Penghargaan

0
170

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.(ist)

JAKARTA- Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh, meraih penghargaan Best Bureaucrats dalam gelaran Obsession Awards 2021 yang tengah digelar malam ini, Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Jumat (17/12/2021).

Hadir dalam prosesi penyerahan penghargaan tersebut, Direktur Bina Aparatur Dukcapil Kemendagri, Andi Kriarmoni, mewakili Dirjen Zudan Arif yang berhalangan hadir.

Dalam pagelaran yang diselenggarakan Obsession Media Group (OMG) tersebut, Dirjen Zudan dinilai sebagai sosok birokrat yang memiliki dedikasi tinggi dalam mendukung dan mewujudkan pelayanan yang bersih, berwibawa, efektif, dan efisien.

Di bawah kepemimpinan Dirjen Zudan Arif, Dukcapil telah melakukan banyak terobosan yang memudahkan masyarakat dalam mengurus segala hal terkait administrasi kependudukan, mulai dari inovasi tanda tangan elektronik, pelayanan terintegrasi, hingga jemput bola.

“Dalam pelayanan kepada masyarakat, Dukcapil selalu berusaha untuk memberikan layanan yang membahagiakan masyarakat melalui inovasi,” kata Zudan.

Berbagai terobosan yang dilakukan Dukcapil di era Dirjen Zudan, sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang, memang telah banyak menuai penghargaan sebelumnya.

Diantaranya, penghargaan dari Kapolri, Tito Karnavian, atas Akses Data Kependudukan dalam rangka Penegakan Hukum dan Operasi Kemanusiaan 2018, penghargaan dari Kominfo atas Dukungan Tugas Penyelenggaraan Pos dan Informasi 2018, dan penghargaan First Place Esri International Ratio Availability of Education Facility in city of Indonesia 2018.

Dukcapil juga pernah mendapatkan penghargaan global category People’s Choice pada acara ESRI Indonesia User Conference (EIUC) untuk aplikasi Geographic Information System (GIS), menjadi juara pertama berturut-turut 2018-2019 dalam lomba Map Gallery International, mendapatkan penghargaan “Praktik Baik” (Good Practice) dari KPK atas pemanfaatan NIK untuk aksi pencegahan korupsi, hingga sebelumnya mendapatkan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021 yang diselenggarakan KemenPAN-RB untuk inovasi D’SIGN (Digital Signature Dukcapil).

“Dukcapil terus bergerak secara digital dan memberikan pelayanan secara terintegrasi. Selama dua tahun terakhir, dari 24 jenis out put Dukcapil sebanyak 22 dokumen kependudukan sudah menggunakan tanda tangan digital sehingga berkas dokumen yang diminta memohon bisa dikirim dalam bentuk file PDF melalui Whatsapp atau surat elektronik langsung ke ponsel pemohon,” kata Dirjen Zudan Arif.

Sebagai tambahan informasi saja, Obsession Awards yang prestisius dan diselenggarakan rutin setiap tahun sejak tahun 2007 itu telah banyak melahirkan tokoh-tokoh penting.

Banyak tokoh yang pernah mendapat penghargaan Obsession Awards berhasil mengukir sejarah Tanah Air, termasuk dalam peta politik nasional. Diantaranya adalah Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, saat masih menjabat sebagai Ketua Umum MUI, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, hingga Presiden RI, Joko Widodo, saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2014 silam. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini