BIN Sumut Gelar Vaksinasi Massal Untuk Pelajar, 6000 Ribu Dosis Disiapkan di Sergai

30

Kepala BIN Daerah Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana didampingi Bupati Sergai H Darma Wijaya, Setdakab Sergai, H. M. Faisal Hasrimy AP, MAP saat vaksinasi lanjutan dosis kedua di SMA Negeri 1 Sei Rampah,Serdangbedagai Sumatera Utara, Kamis (14/10/2021).(Foto.timenews.co.id).

SERGAI- timenews.co.id| Badan Intelijen Negara (BIN) melaksanakan vaksinasi Massal untuk pelajar di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, enam ribu Dosis Disiapkan.

Pelaksanaan vaksinasi lanjutan dosis kedua di SMA Negeri 1 Sei Rampah, Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara, Kamis (14/10/2021).

Kepala BIN Daerah Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana mengatakan bahwa semua elemen bangsa terus bergerak dan berpartisipasi dalam penanggulangan Pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian.

“Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai salah satu instrumen dalam menjaga kedaulatan negara turut andil dalam perang melawan penyebaran virus Covid-19, salahsatunya dengan vaksinasi keliling yang langsung menyentuh kelompok masyarakat tertentu.

Misalnya, kelompok pelajar yang kini sangat membutuhkan vaksin demi keamanan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah,”ujar Kepala BIN Daerah Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana

“Untuk hari BIN daerah Sumut membawa 12 ribu vaksin. Kita lakukan enam ribu di Deliserdang dan enam ribu di Serdangbedagai (Sergai),” ujar Brigjen TNI Asep didampingi Bupati Sergai Darma Wijaya.

Lanjut Brigjen TNI Asep, vaksin yang dibawa kali ini, di prioritaskan untuk pelajar. Sementara yang di Deliserdang ada juga untuk masyarakat yang dilakukan secara door to door.

“Vaksinasi ini kita gencar, kebetulan ini dosis yang kedua, agar terjadi kekebalan tubuh pengguna, dan keaamanan siswa-siswi untuk menjalani pembelajaran tatap muka,” ujar Brigjen TNI Asep.

“Untuk sementara ini tingkat SLTA dan nanti juga ada yang untuk tingkat SLTP. Untuk target selanjutnya, kita akan melihat sekitaran Kota Medan, begitu juga Langkat, Sergai, Deliserdang, Binjai, yang mengelilingi Kota Medan,” sambungnya.

Sementara itu, vaksinasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sei Rampah pada hari ini, disiapkan empat ribu dosis yang disuntikan ke siswa-siswi.

“Besok kita siapkan dua ribu dosis lagi. Sejauh ini tidak ada kendala, vaksinator pendukung dari Bapak Bupati Sergai Darma Wijaya yaitu Dinas Kesehatan Serdangbedagai,” ujar Brigjen TNI Asep.

Kepada masyarakat dan pelajar yang sudah divaksin, Jenderal TNI Angkatan Darat ini meminta supaya tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker.

“Kita semua berharap dapat segera pulih dari Pandemi ini dan aktivitas perekonomian dapat normal kembali. Ini bisa dicapai dengan syarat target 70 persen sudah divaksin lengkap dan masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan. Kita harus menang dalam perang melawan wabah kesehatan ini,” tutup Brigjen TNI Asep.

Sementara itu, Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya saat meninjau vaksinasi dosis kedua bagi pelajar di SMA Negeri
1 Sei Rampah mengungkapkan, Kabupaten Serdangbedagai saat ini sudah menjalani 40 persen vaksinasi.

“Terutama lansia yang paling banyak sudah divaksin, hampir 76 persen. Dan sekarang ini sudah masuk ke anak-anak tingkat SMP dan SMA, dan Alhamdulillah sudah sukses semua,”ujar Darma Wijaya

Lanjut Darma, Pemerintah Kabupaten Sergai, menargetkan pada bulan Desember 2021 ini, masyarakat Sergai sudah tervaksin sebanyak 70 persen.

“Insyaallah di bulan Desember 2021, target kita minimal 70 persen. Target ini sesuai dengan vaksin yang ada di Kabupaten Serdangbedagai,”jelas Darma Wijaya.

Bupati juga menegaskan, sejauh ini proses vaksinasi berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

“Sejauh ini tidak ada kendala, sistem vaksinasi yaitu door to door, bahwa seluruh dusun, desa, di data semuanya. Jika ada satu desa atau dusun yang belum divaksin, langsung nanti petugas datang ke rumah-rumah warga,” ujar Darma Wijaya.

Bupati Sergai yang kerap disapa Bang Wiwiek ini juga mengimbau masyarakat dan pelajar yang sudah di vaksin, tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Alhamdulillah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) sudah berada di PPKM Level 1 atau berada di zona hijau. Insyaallah ke depan lebih baik. Perubahan level dan zona ini, tidak lepas dari faktor vaksin,” ujar Darma.

Sementara itu, Darma mengucapkan terimakasih kepada Kepala BIN Daerah Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja, udah membantu proses vaksinasi di Serdangbedagai (Sergai).

“Bantuan itu merupakan suatu bentuk kalau kita ini bekerjasama dengan seluruh TNI/Polri, Kabinda dan lainnya, untuk mensukseskan vaksinasi di Indonesia khususnya Kabupaten Serdangbedagai,” ujar Darma.

Sementara dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan, per 13 Oktober 2021, pukul 18.00 wib, warga Sumut yang telah lengkap menerima dosis dua sebanyak 2.549.974 dari target 11.419.559 peserta, atau sekitar 22,33 persen. Sementara warga yang menerima vaksin dosis satu sebanyak 39,27 persen, masih jauh dari target nasional sebesar 70 persen.**