Bupati Sergai Buka Sosialisasi Perbup Tentang Pendelegasian Kewenangan

46

SERGAI- Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya yang diwakili Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati (PERBUP ) Pendelegasian Kewenangan dan Rancangan Peraturan Bupati (RANPERBUP) tentang Standar Pelayanan pada Dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu (DPMP2TSP) bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu ( 8/12/2021).

Dalam Sambutanya Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP. M.A.P menyampaikan bahwa perubahan mendasar penyelenggaraan perizinan berusaha pasca terbitnya peraturan Pemerintah nomor 6 Tahun 2001 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah yang merupakan salah satu petunjuk pelaksana dari undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja yakni perubahan pelayanan dari yang berbasis izin menjadi pelayanan berbasis risiko.

“Kesiapan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai terhadap perubahan ini telah dilakukan dengan ditetapkannya peraturan Bupati nomor 48 tahun 2021 tentang pendelegasian kewenangan penyelenggaraan perizinan berusaha kepada Kepala Dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu Kabupaten Serdang Bedagai,”jelas Bupati Sergai.

Pendelegasian kewenangan ini diharapkan dapat mempercepat akselerasi penyelenggaraan perizinan berusaha di Kabupaten Serdang Bedagai sehingga tujuan penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah dapat tercapai.

” memberikan kepastian hukum dalam berusaha meningkatkan iklim investasi dan kegiatan berusaha serta menjaga kualitas perizinan yang dapat dipertanggungjawabkan.,”paparnya.

Kemudian, Pelaksanaan penyelenggaraan perizinan berusaha tidak cukup hanya dengan penelegasian kewenangan saja tapi juga harus didukung dengan standar pelayanan yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan.

Hal ini dengan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah ,terjangkau dan terukur,”terangnya

Untuk itu, Bupati berharap pertemuan kita hari ini akan melahirkan sebuah regulasi yang merupakan jaminan dan kepastian baik bagi penyelenggaraan dalam memberikan maupun bagi masyarakat dalam menerima pelayanan.

Hal ini seperti yang diamanahkan dalam undang -undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan permenpan nomor 15 Tahun 2014 tentang pedoman penyusunan standar pelayanan publik sehingga memudahkan masyarakat dalam berinvestasi dan berpotensi membuka lapangan pekerjaan baru,”ungkap Bupati Sergai.

Sementara Plt. Kadis DPMP2TSP Dingin Saragih menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para stakeholder dan masyarakat terkait peraturan Bupati nomor 48 tahun 2021 tentang pendelegasian kewenangan penyelenggaraan perizinan berusaha.

Kemudian untuk mendapatkan masukan serta saran serta menyatukan persepsi terhadap peraturan Bupati ini tentang standar pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Kabupaten Serdang Bedagai,”tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya perwakilan dari dinas kesehatan dan dinas pendidikan yang berkompeten di bidang perizinan kemudian unsur masyarakat akademisi dan pelaku usaha.(Sugi)