Capai 74% Vaksinasi, Kapus Teluk Mengkudu : Akan Terus Kedepankan Pelayanan Kesehatan Prima yang Humanis

88

Kepala Pukesmas Teluk Mengkudu, dr Sri Evayuliani Purba saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.(Foto/Agus/timenews.co.id)

 

SERGAI- Kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas penting yang selalu diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai. Bukan tanpa alasan, tingkat kesehatan masyarakat yang baik tentu akan memberikan pengaruh positif pada kehidupan yang sejahtera.

Mengingat visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya dan H Adlin Yusri Tambunan yaitu Sergai Maju Terus “Mandiri Sejahtera dan Religius”.

Dimana masyarakat yang sehat dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik. Sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penunjang produktivitas masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera.

Dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang baik di Kabupaten Serdang Bedagai, khususnya di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kepala Puskesmas (Kapus) Teluk Mengkudu, dr Sri Evayuliani Purba, selalu mengedepankan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat

Kepada kru media ini, Jum’at (3/12/2021) di Puskesmas Teluk Mengkudu, Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu, dr Eva mengatakan bahwa dirinya bersama jajaran Puskesmas Teluk Mengkudu akan terus mengedepankan pelayanan kesehatan prima yang humanis

“Saya secara pribadi bertekat akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan prima yang humanis bagi masyarakat di Puskesmas Teluk Mengkudu, dan ini akan saya terapkan pada jajaran pelayan kesehatan di Puskesmas ini,”jelas dr Eva

Sri melanjutkan, bahwa setiap kali ada pasien, dirinya menekankan kepada jajaran pelayan kesehatan di Puskesmas Teluk Mengkudu untuk bereaksi cepat, dan melakukan pelayanan kesehatan tingkat pertama

“Saya selalu menekankan kepada jajaran pelayan kesehatan untuk mengutamakan pelayanan, mengenai administrasi menyusul saja setelah selesai melakukan penanganan kesehatan tingkat pertama, jangan sampai terbalik,” sebutnya sembari melihat pegawai melayani kesehatan pada masyarakat.

Pada kesempatan itu, dr Eva juga menyebutkan bahwa berdasarkan data yang dihimpun dari seluruh Desa, pertanggal 30 November 2021, Kecamatan Teluk Mengkudu, telah mendapat 74% capaian vaksinasi bagi masyarakat.

“Kecamatan Teluk Mengkudu, berdasarkan data yang kami himpun dari desa per desa pertanggal 30 November 2021, bahwa kami telah mendapat 74% capaian Vaksinasi, kesemua itu dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama antara pemerintah dengan pihak TNI dan Polri dalam mensukseskan Vaksinasi di masyarakat,” papar dr Eva.

Dari 12 desa yang ada di Kecamatan Teluk Mengkudu, Desa Sei Buluh yang mendapat capaian tertinggi dengan persentase mencapai 97%, disusul dengan Desa Pematang Kuala, 90%, Desa Mata Pao 85%, Desa Liberia 75%, Desa Makmur 70%, Desa Pekan Sialang Buah 68%.

Selanjutnya, Desa Bogak Besar 67%, Desa Pematang Setrak 66%, Desa Sialang Buah 66%, Desa Pematang Guntung 58%, Desa Pasar Baru 52%, dan yang terakhir Desa Sentang dengan persentase mencapai 35%, dengan total persentase perkecamatan mencapai 74% capaian vaksinasi COVID-19. (Agus).