Cegah Antisipasi Penyakit PMK, Pemkab Sergai Perdana Suntik Vaksin Ternak Sapi Milik Warga

3
184

Bupati Sergai H. Darma Wijaya menggunakan APD menyaksikan vaksinasi kepada hewan lembu di Dolok Manampang.(foto/istimewa)

SERGAI (timenews.co.id) Mendapatkan 300 dosis vaksin penangkal Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melakukan perdana penyuntikan vaksinasi kepada ternak sapi warga di Dusun V Desa Dolok Menampang, Kecamatan Dolok Masihul, Sergai, Senin (27/6/2022).

Baca juga :https://timenews.co.id/canangkan-sadari-emas-bupati-minta-bumdes-jangan-ragu-jalin-kerjasama/

Penyuntikan perdana dipimpin langsung oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya di dampingi Kapolres Sergai AKBP. Ali Machfud, Staf Ahli Nasrul Azis, Kapolsek Dolok Masihul AKP. Khairul Saleh, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Mira Montana

Termasuk, Camat Dolok Masihul Muriani, Kades Dolok Manampang Dedi Tonggo Tua Turnip serta Kabid Peternakan dan kesehatan hewan Taruli Purba.

Usai penyuntikan perdana tersebut, Bupati H Darma Wijaya berharap melalui vaksin dapat membantu mencegah penyebarluasan penyakit PMK di Kab Sergai.

Baca juga : https://timenews.co.id/hadiri-khitanan-massal-ipms-bupati-sergai-sebut-pt-socfindo-matapao-sangat-peduli-kondisi-masyarakat/

” Untuk Kabupaten Serdang Bedagai saat ini mendapat 300 dosis. Tentunya jumlah itu masih terbilang sangat kurang, kita juga berharap mendapat penambahan vaksin agar seluruh peternak di Kab Sergai dapat divaksin secara merata.,”kata Bupati Darma Wijaya.

Bagi peternak sapi, lanjut Bupati Darma Wijaya tetap bersabar. Penyakit PMK dapat disembuhkan dengan menjaga kebersihan kandang, serta asupan gizi kepada sapi perlu di tingkatkan, dan terutama menjaga imunitas tubuh pada hewan,”papar Bupati Sergai

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Mira Montana di dampingi Kabid Peternakan dan kesehatan hewan Taruli Purba mengatakan terdapat 1070 ternak sapi di 15 kecamatan terkena PMK dan 251 dinyatakan sembuh untuk Kab Sergai hanya dua kecamatan yakni Sei Bamban dan Bintang Bayu berada di zona hijau.

” Vaksin yang diberikan jenis Aftopor ini vaksin pertama dan akan dilanjukan dengan vaksin ke dua serta ketiga, proses pemberian vaksin juga harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) karena penyakit ini juga menular”pungkas Mira Montana.

Penulis: Sugi

3 KOMENTAR

Komentar ditutup.