Coba Melawan Petugas, Dua Residivis Curanmor di Medan Barat Ditembak

44

Ilustrasi/net

MEDAN – Sebanyak dua residivis kasus pencurian sepeda motor (Curanmor) ditembak personel Unit Reskrim Polsek Medan Barat.

Keduannya ialah AS alias Alex dan MS alias Kocu.

Selain menembak dua curanmor yang meresahkan itu, petugas turut juga mengamankan S alias Geleng dan HPP alias Putra.

Kedua penadah barang hasil kejahatan ini diamankan bersama barang bukti 1 unit sepeda motor Genio, Honda Vario pelat BK 3501 HT dan kunci letter T.

“Para tersangka diringkus berdasarkan tindak lanjut dari laporan Rizky Muhammad Iqbal yang kehilangan sepeda motor Genio pelat BK 6026 AJD di halaman kostnya, Jalan Kelapa Kelurahan Silalas, Kecamatan Medan Barat pada hari Kamis (21/10/2021) lalu,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kapolsek Medan Barat, AKP Tina didampingi Kanit Reskrim, Ipti Philp Anthony Purba, Senin (8/11/2021).

Dari situ, sebut AKP Tina, petugas langsung melakukan penyelidikan.

“Dari hasil lidik, kita mendapat informasi sepeda motor korban berada di kawasan Desa Saentis. Selanjutnya kita lakukan pengejaran dan berhasil mengamankan tersangka Heru. Dari pengakuannya, dirinya membeli sepeda motor tersebut dari Geleng,” jelasnya.

Kemudian, Tina menerangkan, darinketerangan Heru, pihaknya langsung melakukan pengembangan dan mengamankan Geleng di kawasan Bandar Klippa. Kemudian, Geleng pun ‘bernyanyi bahwa ia membeli sepeda motor tersebut dari Alex.

“Dari ‘nyanyian’ tersangka Geleng, dirinya membeli sepeda motor tersebut dari Alex. Lalu kita kembangkan lagi dan berhasil mengamankan Alex serta Kocu. Dan saat hendak kita kembangkan terhadap tersangka lainnya, kedua tersangka melawan hingga kita beri tindakan tegas dengan menembak kakinya. Sementara tembakan peringatan yang diletuskan sebelumnya tidak dipindahkan tersangka,” terangnya.

Ketika diinterogasi, sebut AKP Tina, Alex dan Kocu mengaku melakukan aksi pencurian tersebut dengan rekannya Gondit dan Kekok (DPO).

“Kini keduanya masih kita lakukan pengejaran. Sementara Kedua tersangka yang berhasil diamankan dan ditembak pada bagian kakinya itu merupakan residivis kasus serupa, yakni curanmor,” sebut AKP Tina.

Usai diamankan dan mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhyangkara Polda Sumut akibat luka tembak, para tersangka langsung digelandang ke Mapolsek Medan Barat.

“Imbas perbuatannya, Alex dan Kocur dijerat dengam Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. Sedangkan Heru dan Geleng dijerat Pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkasnya.(red)

Sumber: GoSumut