Dapat Tanggapan Positif, ASN dan Tenaga Kontrak di Sergai: Surat Edaran Itu Sudah Tepat dan Memang Harus Mendukung Program Pemerintah

265

Kantor Bupati Serdang Bedagai (ist)

SERGAI-Terkait Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengeluarkan surat edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Nomor : 18.33/440/7125/2021 pertanggal 6 Desember 2021, akhirnya mendapat tanggapan positif.

Tanggapan tersebut dari salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak yang bertugas di Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Dalam guna upaya meningkatkan Herd Imunity atau kekebalan kelompok.

Salah satunya, Khairul Fidani Lubis tenaga kontrak asal Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah yang bertugas di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkab Sergai, Kamis (9/12/2021).

Kepada kru awak media dirinya menyebutkan bahwa program pemerintah dengan mensukseskan Vaksinasi COVID-19 di Sergai, yang melibatkan para ASN dan tenaga kontrak untuk membawa masyarakat melakukan Vaksinasi tahap I merupakan langkah yang tepat.

“Secara pribadi, saya menganggap bahwa surat edaran itu memang tepat, sebab, kami sebagai bagian dari Pemkab Sergai memang harus mendukung penuh program pemerintah, dalam hal ini keikutsertaan kami dalam pencapaian herd Imunity diatas 70%,”sebut Khairul Fidani Lubis.

Ia juga menegaskan bahwa dirinya tidak merasa dipaksa atau terpaksa, dirinya melakukan tugas dari Pemkab Sergai secara ikhlas tanpa paksaan.

“Bagi saya surat itu bukan sebuah sumber yang meresahkan, namun sumber menuju tujuan bersama untuk Indonesia kembali normal dengan kekebalan tubuh kelompok,”tegas Irul.

Irul menambahkan bahwa pemberian vaksin tidak lain sebagai upaya pemerintah menjaga kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

“untuk mencapai kekebalan kelompok dimasyarakat, dan untuk melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,”pungkasnya.

Terpisah, Bagus Prayogi tenaga kontrak asal Kecamatan Dolok Masihul, mengaku merasa puas dengan tindakan pemerintah Daerah yang mengikutsertakan ASN dan tenaga kontrak membawa masyarakat untuk melakukan vaksinasi tahap I.

“Ini program pro rakyat, sebab tujuan akhir dari surat edaran adalah untuk masyarakat sehat. saya bosan dengan kondisi Covid 19 yang tidak kunjung usai, untuk itu, dengan kerja sama kita bersama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat saya yakin Sergai akan terbebas dari Covid-19,” tegas Bagus.

Selain itu, Bagus bertekat bahwa dirinya akan terus mendukung upanya pemerintah Daerah dalam pencapaian herd Imunity, “Bukan karena saya bekerja di pemerintahan, namun karena saya sadar bahwa kita harus bertindak bersama untuk suksesnya pencapaian herd Imunity,”ungkap Bagus.

Sementara itu, Hermansyah salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Teluk Mengkudu juga menyebutkan bahwa suksesnya Herd Imunity merupakan tugas kita bersama, antara pemerintah dan masyarakat, sebab dengan bergotong royong dengan tujuan kesehatan, maka akan berdampak positif bagi perekonomian di masyarakat.

Hermansyah juga menyebutkan bahwa ada empat manfaat dari Vaksinasi, pertama adalah merangsang kekebalan tubuh dengan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang

Kedua, mengurangi resiko penularan dengan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Ketiga, mengurangi dampak berat dari virus dengan mengenali virus maka dampak dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

Ke-empat, mencapai herd Imunity bahwa semakin banyak individu yang melakukan vaksin disebuah daerah, maka herd Imunity akan tercapai, sehingga akan meminimalisir risiko paparan dan mutasi coronavirus disease tahun 2019,”pungkasnya.(Sugi)