Darma Wijaya : Kita Dukung Penuh Alih Fungsi Lahan Perkebunan Menjadi Pertanian

65

Bupati Darma Wijaya usai acara panen perdana Gapoktan Karya Bersama di Desa Sei Parit Kecamatan Sei Rampah, Selasa (21/9/2021).(Foto/istimewa).

SERGAI- timenews.co.id| Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mendukung alih fungsi lahan perkebunan menjadi lahan pertanian. Hal itu diungkapkan Bupati Darma Wijaya usai acara panen perdana Gapoktan Karya Bersama di Desa Sei Parit Kecamatan Sei Rampah, Selasa (21/9/2021).

Panen perdana ini dirangkai dengan penyerahan bantuan bibit dan pupuk pertanian yang juga dihadiri Kapolres Serdang Bedagai AKBP R. Simatupang , Camat Sei Rampah Hendra Damanik, Kepala Desa Sei Parit dan jajaran dinas pertanian Kabupaten Serdang Bedagai.

Bupati Darma Wijaya mengatakan pihaknya sangat mendukung cetak sawah baru. Hal itu juga sudah diatur dalam perda Serdang Bedagai tentang alih fungsi lahan pertanian.

“Alih fungsi dari sawit ke padi boleh dilakukan sesuai dengan Perda Kabupaten Serdang Bedagai. Luas lahan perkebunan se kabupaten ini sekitar 190 ribu hektar dengan 100 ribu hektar diantaranya adalah perkebunan sawit, karet dan kakao,”ungkapnya.

Ia sangat menyayangkan alih fungsi lahan yang selama ini terjadi. Lahan pertanian diubah menjadi lahan perkebunan atau perumahan. Ini dapat mengakibatkan lahan pertanian terus berkurang.

“Lahan ubi kayu saat ini sekitar 20 ribu hektar. Sawah yang dulu 40 ribu hektar kini tinggal 31 ribu hektar. 5 ribu hektar diantarnya tanpa irigasi. Angka ini harus ditingkatkan agar Serdang Bedagai menjadi lumbung pangan nomor 1 di Sumatera Utara,”jelasnya.

Sebelumnya Ketua Gapoktan Karya Bersama Monton Situmorang berterimakasih kepada Bupati Darma Wijaya yang sudah berkenan hadir dan memanen perdana lahan persawahan milik Gapoktannya.

“Selamat datang kami ucapkan kepada pak Bupati yang sudah berkenan hadir. Selama ini pihaknya kesulitan karena irigasi yang tidak memadai. Namun berkat pak Bupati irigasi kami kini sudah baik dan hasil panen pun melimpah. Hasil panen ini bisa 6.5ton perhektar,”ungkap Situmorang.

Sementara itu Kepala Desa Sei Parit Mangabet Simbolon menyampaikan terimakasihkan kepada Bupati karena selalu peduli dengan nasib warganya khususnya kepada para petani.

Usai panen raya padi di Desa Sei Parit, Bupati langsung bergerak ke Desa Sei Buluh Kecamatan Sei Bamban. Disini Bupati secara simbolis memberikan bantuan CSR dari PT Aquafarm kepada sejumlah UMKM budidaya perikanan.

40 pelaku UMKM binaan Dewan UKM Serdang Bedagai mendapatkan bantuan bibit ikan nilai 1.000 hingga 2.000 ekor per kelompon UMKM.(red)