Empat Negara Lolos Semifinal Thomas Cup, Indonesia vs Denmark Sore Ini

56

Anthony Ginting membuka kemenangan bagi Indonesia lolos semifinal Thomas Cup (tangkapan layar Ig).

JAKARTA – Empat negara telah memastikan tiket ke semifinal Thomas Cup 2021, usai memenangkan laga perempat final pada Jumat (15/10) di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. Indonesia akan menghadapi tuan rumah Denmark di semifinal Thomas Cup 2020.

Berikut daftar empat negara yang telah lolos ke semifinal Thomas Cup.

China yang merupakan juara bertahan Thomas Cup memastikan tempat di semifinal setelah mengalahkan Thailand 3-0.

Shi Yu Qi, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, dan Li Shi Feng memastikan poin-poin kemenangan bagi China sekaligus membuka peluang meraih gelar ke-11 di ajang kejuaraan beregu putra.

Setelah China memastikan langkah ke babak semifinal, Jepang menyusul dengan kemenangan 3-2 atas Korea Selatan.

Jepang yang berstatus sebagai runner up pada penyelenggaraan Thomas Cup 2018, menghadapi perlawanan alot dari Korsel.
Setelah Kento Momota dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi kalah pada dua pertandingan awal, Jepang bangkit dengan kemenangan Kanta Tsuneyama, Akira Koga/Yuta Watanabe, dan Kenta Nishimoto.

China dan Jepang akan bertemu pada babak semifinal sekaligus mengulang laga final Thomas Cup tiga tahun lalu.

Anthony Ginting membuka kemenangan dengan mengalahkan Lee Zii Jia. Setelah itu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menumbangkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Kemenangan Indonesia dipastikan Jonatan Christie yang menyudahi perlawanan Ng Tze Yong.

Sementara tuan rumah Denmark menjadi negara terakhir yang memastikan tiket ke semifinal Thomas Cup setelah mengalahkan India 3-1.

Viktor Axelsen mengawali kemenangan Denmark. Skor sempat imbang 1-1 usai Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mengambil poin di ganda pertama. Denmark kemudian memperoleh dua poin penting berkat kemenangan Anders Antonsen dan Mathias Christiansen/Frederik Sogaard.
Indonesia akan menghadapi Denmark pada laga semifinal. Seluruh pertandingan semifinal Thomas Cup akan digelar Sabtu (16/10).

Daftar 4 Negara Lolos Semifinal Thomas Cup 2021:

1. China
2. Jepang
3. Indonesia
4. Denmark

Adapun fakta penting jelang duel Indonesia vs Denmark sebagai berikut.

Partai Indonesia vs Denmark di semifinal Thomas Cup akan dimulai pada Sabtu (16/10) pukul 13.00 waktu setempat atau 18.00 WIB.

Indonesia memastikan tiket ke semifinal usai mengalahkan Malaysia 3-0. Anthony Ginting menundukkan Lee Zii Jia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menang atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dan Jonatan Christie merontokkan Ng Tze Yong.

Sementara Denmark menyingkirkan India 3-1. Usai Viktor Axelsen menang atas Kidambi Srikanth, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menyamakan kedudukan dengan mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Keberhasilan Denmark melangkah ke semifinal didapat setelah Anders Antonsen menjungkalkan Sai Praneeth dan Mathias Christiansen/Frederik Sogaard menyudahi perlawanan MR Arjun/Dhruv Kapila.

Sementara itu, pertandingan semifinal lainnya akan mempertemukan Jepang vs China.

Berikut 5 Fakta Menarik Indonesia vs Denmark di Semifinal Thomas Cup:

1. Pertemuan Terakhir di Final Thomas Cup 2016. Kala itu Denmark berhasil merebut gelar juara usai meraih kemenangan 3-2.

2. Denmark merupakan satu-satunya negara Eropa yang pernah memenangkan Thomas Cup. Denmark menjadi juara pada 2016 ketika mengalahkan Indonesia di final.

3. Dengan format perempat final (sejak 2004) Indonesia vs Denmark di semifinal baru terjadi sekali yakni pada 2004. Saat itu Indonesia yang merupakan juara bertahan kalah 2-3.

4. Pertemuan pertama Indonesia vs Denmark di Thomas Cup terjadi pada 1958. Indonesia menang 6-3 pada babak pertama dan kemudian tampil menjadi juara pada keikutsertaan pertama di kejuaraan beregu putra dengan mengalahkan Malaysia di final.

5. Indonesia vs Denmark sudah terjadi sebanyak 13 kali di Thomas Cup.*

Sumber: GoSumut