Festival Seni Qasidah ke XVIII 2021 Resmi Dibuka, Ini Harapan Bupati Sergai

63

Bupati Sergai H Darma Wijaya diwakili Sekdakab H M Faisal Hasrimy saat berikan sambutan pembukaan FSQ ke XVIII di Halaman Masjid Agung Serdang Bedagai, (Foto/istimewa)

SERGAI-timenews.co.id| Festival Senin Qasidah (FSQ) ke XVIII tahun 2021 di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (27/9/2021) di selenggarakan halaman Masjid Agung di Sei Rampah, resmi dibuka.

Penyelenggaraan FSQ ke XVIII TA.2021 secara resmi dibuka langsung Bupati Sergai H Darma Wijaya diwakili Sekdakab H M Faisal Hasrimy.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai H Darma Wijaya dibacakan Sekdakab H M Faisal Hasrimy mengatakan Penyelenggaraan FSQ ke-18 ini merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan
seni budaya yang Islami guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Melalui kegitan FQS seperti ini, kita semua khususnya generasi muda Islam akan termotivasi untuk melestarikan seni budaya Islami yang sudah tergerus oleh zaman,”ucap Bupati

Untuk itu, Bupati berharap dengan kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan Pemkab Sergai, dengan tema “Melalui FSQ ke-18 Kabupaten Sergai, kita ciptakan generasi Islami untuk mewujudkan masyarakat yang religius,”ujarnya.

Ia menambahkan, Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, ucapnya, visi Kabupaten Sergai dalam menjadikan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius, dapat terwujud.

“Berharap FSQ juga diharapkan dapat melahirkan generasi Islam yang berprestasi serta mencari bibit-bibit yang berkualitas yang nantinya akan menjadi duta Kabupaten Sergai pada festival tingkal provinsi maupun tingkat nasional.

” Kita berharap dengan prestasi generasi muda yang kita miliki, dapat menjadikan Kabupaten Sergai sebagai kabupaten yang cukup diperhitungkan oleh kabupaten/kota lainnya,”sambung Bupati.

Terakhir, yang tak kalah penting, saya mengimbau kepada peserta dan para dewan juri FSQ unyuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan sering mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, hindari kontak langsung dan tetap menjaga jarak,”pungkasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan oleh Sekdakan H M Faisal Hasrimy yang disampaikan Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin dalam laporanya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 30 September 2021.

“Ada 2 poin yang jadi maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, yaitu yang pertama untuk meningkatkan minat seni qasidah sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan syiar yang Islami dan kedua untuk mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
guna mendukung visi dan misi Kabupaten yang Maju Terus,”ujar Setdakab.

FSQ diikuti oleh 17 Kecamatan se-Sergai dengan total peserta kafilah 277 orang. Sedangkan untuk cabang -cabang yang diperlombakan, jelas Sekdakab, terdiri dari dua yaitu Qasidah Klasik yang terbagi ke dalam cabang Qasidah Klasik Dewasa dengan jumlah peserta sebanyak 88 orang dan Cabang Qasidah Klasik Remaja yang akan diramaikan 131 peserta.

Sedangkan cabang kedua adalah Bintang Vokalis Gambus yang terbagi ke dalam 3 bagian yaitu Vokalis Gambus Dewasa yang diikuti 21 orang, kemudian Vokalis Gambus Remaja dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang dan terakhir Vokalis Gambus Anak-anak dengan peserta 13 orang.

Sementara untuk sumber dana penyelenggaraan ini dibebankan kepada APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2021. Acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan seluruh peserta harus sudah divaksin, dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin minimal yang pertama,”ungkap Setdakab.

Dalam giat FSQ dihadiri, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA.

Termasuk, Ketua MUI Sergai H. Haspul Huznain, Forkopimda Sergai, Para Asisiten, Para Kepala OPD, Para Camat, dan Para Dewan Juri,”tutupnya.*