GOPTKI Monitoring Pembinaan PAUD dan Beri Bantuan Makanan Tambahan Anak Sehat

45

Ketua Tim Penggerak PKK Sergai, Hj Rosmaida Darma Wijaya, memberikan pembinaan di TK Ade Hawari, Dusun VI, Desa Firdausy Kecamatan Sei Rampah.(Foto.dok.istimewa)

SERGAI-timenews.co.id| Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan monitoring pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pemberian makanan tambahan anak sehat Tahun 2021, Senin (13/9/2021)

Pelaksanaan monitoring terbagi dalam tiga tim. Tim I dipimpin, Bunda PAUD Kabupaten Sergai sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Sergai, Hj Rosmaida Darma Wijaya, memberikan pembinaan di TK Ade Hawari, Dusun VI, Desa Firdausy Kecamatan Sei Rampah.

Tim Ke-II, dipimpin Ketua GOPTKI Sergai, Aini Zetara Adlin Tambunan, memonitoring di TK Hasanah, Desa Kotagaluh,Kecamatan Perbaungan.

Tim Ketiga, dipimpin Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sergai, Uke Retno Faisal Hasrimy, di TK Umum Bina Bangsa Dusun I Desa Penggalangan , Kecamatan Tebing Syahbandar.

Dihadapan para guru PAUD dan TK, Bunda PAUD Sergai, Rosmaida Darma Wijaya, mengatakan di tengah pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang konsentrasi di dunia pendidikan berkurang. Hal itu dikarenakan menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kegiatan monitoring dan pemberian makanan tambahan anak sehat tahun ini, salah satu kegiatan yang disetujui dari sekian banyak kegiatan diusulkan GOPTKI di masa pandemi ini. Hal ini bukan karena, ikut berperan serta dalam penanggulangan Covid-19 dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona ini,” katanya.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan seluruh TK mendapatkan pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Sergai, agar menjadi TK yang Maju Terus (Mandiri, Sejahtera dan Religius).

“Selain itu juga dari kegiatan ini, para anak-anak dapat mendapat stimulan berupa makanan sehat agar tercukupi gizinya,” ujarnya.

Rosmaida juga mengingatkan guru-guru PAUD dan TK, untuk tidak mengeluh dan menuntut dalam mendidik anak usia dini. Guru harus memberikan perhatian dengan pendekatan, sentuhan lembut ke anak. Apalagi saat ini pembelajaran tatap muka (PTM) sudah diterapkan.

“Jangan membedakan atau pilih kasih sayang ke anak-anak didik kita,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua DPC GOPTKI Sergai, Aini Zetara Adlin Tambunan, menuturkan kegiatan ini berupa kepedulian dan sumbangsih Pemkab Sergai terhadap mutu pengembangan pendidikan anak usia dini.

“Semoga acara ini bermanfaat dan mampu mempererat sinergitas, hubungan yang baik antara pemerintah dan kabupaten. Tentunya juga untuk Taman Kanak-kanak di Kabupaten Sergai bisa menjadi lembaga profesiaonal, mandiri serta, maju dan berkembang serta mampu bersaing dengan Taman Kanak-kanak di kota besar,” katanya.

Perwakilan dari Kecamatan Perbaungan yang menerima bantuan, Syahriyati Lubis mengucapkan terima kasih kepada Pemkab atas bantuan yang diberikan.

“Kami berharap kegiatan yang sama bisa terus dilaksanakan,” katanya.

Kegiatan monitoring pembinaan PAUD dan pemberian makanan tambahan anak sehat Tahun 2021, berlangsung selama tiga hari dan dibagikan di seluruh TK-PAUD di 17 Kecamatan di Kabupaten Sergai.(red).