Kapolres Asahan Kunke ke Proyek PLTA Asahan III

0
123

ASAHAN, Timenews.co.id|Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH bersama Forkopimda Asahan melakukan kunjungan kerja di Proyek PLTA Asahan 3 PT. PLN Persero UPP. SBU Desa Mernati Utara Kecamatan Pintu Pohan Kabupaten Toba dan Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan, Senin (27/12).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Expose perkembangan Pembanguan Asahan 3 dan sekaligus meninjau lokasi Intek menuju terowongan W.A 1 serta proyek – proyek Asahan 3 yang ada di wilayah Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H. Surya Bsc menyampaikan kehadiran Forkompimda di Asahan 3 adalah ingin melihat perkembangan pembangunan proyek Vital Nasional di Kabupaten Asahan khusunya PLTA Asahan 3

“Harapan kami dari Forkopimda Asahan agar kiranya pembangunan Asahan 3 dapat bermanfaat dan berguna bagi kesehjtraan masyarakat Sumatrera Utara khusunya Masyarakat Kab. Asahan,”kata Bupati Asahan H. Surya Bsc.

Sementara, Menejer PT. PLN Sumbagut IV Agil Dermawan menyampaikan Presentasi Pembangunan proyek PLTA Asahan terkait Project Time tentang proses waktu dan pembesaan lahan untuk memulai peroyek Asahan III dari awal tahun 1941 dan penyelesaian proyek diperkirakan selesai bulan Januari tahun 2024.

Beliau juga menyampaikan Proyek Strategis Nasional yang ada di Desa Tangga ini sampai sekarang berjalan sesuai rencana dan alhamdulillah tidak mangalami hambatan yang berarti, harapannya semoga tahun 2024 proyek ini bisa diresmikan.

Lebih lanjut Agil menyampaikan PLTA Asahan III yang dibangun direncanakan berkapasitas 174 MW dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang nantinya akan dapat meningkatkan Reserve Margin di Sumatera Utara menjadi 4,58 % sehingga akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara.

“Dengan beroperasinya PLTA Asahan III akan dapat menurunkan biaya produksi listrik PLN di Sumatera Utara sebesar Rp. 72/kWh dari sebelumnya Rp. 1.593/kWh menjadi Rp. 1.521/kWh, hal tersebut berpotensi meringankan beban PLN secara korporat dalam biaya penyediaan listrik dengan penghematan sebesar Rp. 1,9 Trilyun per tahun,” tegas Agil.

Agil juga menjelaskan bahwa PLTA Asahan III yang dibangun terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba Samosir dengan menggunakan sistem “run-of-river” yaitu mengalirkan air dari sungai Asahan untuk dialirkan ke turbin air melalui terowongan yang sedang dibangun sepanjang 8 km.

“Listrik yang dihasilkan PLTA Asahan III ini nantinya akan disalurkan untuk memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Bagian Utara melalui Gardu Induk 275 kV Simangkuk serta meningkatkan bauran energi baru terbarukan sebesar 3,3 persen,” pungkas Agil.

Diakhir acara Bupati dan Forkopimda beserta rombongan didampingi Manager Unit Pelaksana Proyek melakukan peninjauan ke Terowongan Pembangunan PLTA Asahan III.

Hadir pada kunjungan kerja ini Bupati Asahan H. SURYA Bsc, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, Dandim 0208/AS Letkol. INF. Sri Marantika Beruh S.SOS, Danal Tanjung Balai/ Asahan Letkol. Laut Robinson Hendrik Etwiory SE, Sekda Pemkab Asahan Jhon Hardi.

Termasuk, Pejabat Pemkab Asahan, Meneger PT. PLN Sumbagut IV Asahan 3 Agil Dermawan, Camat Aek Songsongan Panusunan Rambey, Kapolsek Bandar Pulau AKP. Ali Yunus Siregar, Danramil Bandar Pulau Kapten INF. Ahmad Fuad Lubis.

Serta personil Polsek Bandar Pulau dan personil Koramil Bandar Pulau yang turut melakukan pengamanan kegiatan kunjungan kerja Forkopimda Asahan ke Proyek Asahan III.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini