Ketua PD GPMB Sumut Resmi Melantik Pengurusan PD GPMD Sergai Masa Priode 2021-2025

91

Ketua Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) Provinsi Sumatera Utara,Nawal Lubis berfoto bersama Ketua PD GPMD Terpilih, Rosmaida Saragih Darma Wijaya bersama pengurusan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Jalan Negara Nomor 300 Sei Rampah, Jumat (11/2).(ist)

SERGAI, Timenews.co.id| Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) Provinsi Sumatera Utara menyampaikan, untuk membangun minat baca di tengah masyarakat, harus dimulai dari desa-desa.

Karena itu, PD GPMB diharapkan terus mendorong pembuatan pojok baca dan perpustakaan di masing-masing desa, hingga struktur yang palih bawah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) Provinsi Sumatera Utara,
Nawal Lubis usai melantik PD GPMD Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) periode 2021 – 2025 di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Jalan Negara Nomor 300 Sei Rampah, Jumat (11/2).

“Ibu Ketua GPMD sebagai istri bupati beserta jajarannya agar terus melakukan gerakan minat baca, jalin kerja sama dengan perangkat desa dan perpustakaan untuk peningkatan SDM masa depan yang gemar membaca, yang dimulai dari desa menuju perkotaan,” harap Nawal.

Berdasarkan data UNESCO, tingkat literasi Indonesia berada di urutan kedua dari bawah. Minat baca bangsa Indonesia saat ini sangat rendah hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, cuma satu orang yang rajin membaca.

Padahal, budaya membaca sangat bermanfaat bagi semua orang. Dengan membaca dapat menemukan hal-hal baru, menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat berpikir secara kritis. “Buku yang kita baca akan sangat membantu wawasan kita dalam berpikir dan bertindak, sekaligus mengambil suatu keputusan,” jelas Nawal.

Bupati Sergai Darma Wijaya mengatakan, sebagai bangsa yang ingin maju dan sukses harus meyakini bahwa jalan terbaik untuk mencapai sukses adalah dengan ilmu. “Dengan ilmu maka kesuksesan akan kita peroleh melalui belajar dan membaca,” jelas bupati.

Sementara Ketua PD GPMB Kabupaten Sergai Rosmaida Saragih Darma Wijaya mengatakan, hadirnya GPMB ini diharapkan meningkatnya minat baca masyarakat, karena hal tersebut merupakan modal penting untuk meningkatkan pembangunan SDM dalam menghadapi peluang di era globalisasi ini.(sug)