Komisi X DPR RI Kunker ke Sergai, Bupati Darma Wijaya Berharap Dongkrak Target Pembangunan di Sergai

67

Bupati Sergai H Darma Wijaya memberikan cendramata kepada Komisi X DPR RI saat kunker di Pantai Pondok Permai, Jumat (8/10/2021).(Foto.timenews.co.id)

SERGAI- timenews.co.id| Dalam rangka Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022, Komisi X Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Serdang Bedagai, bertempat di Pantai Pondok Permai, Jumat (8/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut Anggota DPR RI yang hadir dipimpin Wakil Ketua Komisi X sekaligus Ketua Tim Rombongan, Agustina Wilujeng Pramestuti (PDIP/Jawa Tengah IV). Kemudian, Sofyan Tan (PDIP/Sumut I), Putra Nababan (PDIP/DKI I), Muhammad Nur Purnamasidi (Golkar/Jatim IV), Ali Zamroni (Gerindra/Banten I), Himmatul Aliyah (Gerindra/DKI II), Johar Arifin (Gerindra/Sumut III).

Selanjutnya, Ratih Megasari Singkarru (Nasdem/Sulawesi Barat), Muhammad Kadafi (PKB/Lampung I). Bramantyo Suwondo (Demokrat/Jawa Tengah/VI), Ledia Hanifa (PKS/Jawa Barat I), Fahmi Alaydroes (PKS Jawab Barat V), Dewi Coryati (PAN/Bengkulu), Desi Ratnasari (PAN/Jawa Barat IV) dan Illiza Saaduddin Djamal (PPP/Aceh I).

Komisi X DPR RI membidangi pendidikan dan kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga, dan perpustakaan, yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek RI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Beparekraf RI), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), serta Perpustakaan Nasional (Perpusnas RI).

Bupati Darma Wijaya dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Serdang Bedagai memiliki luas 1.952,55 km2. Kabupaten ini memiliki potensi wisata pantai yang melewati lima kecamatan, ditambah adanya Pulau Berhala yang merupakan pulau terluar dan sungai untuk arum jeram.

Dalam melaksanakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, memiliki visi, mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai Maju Terus (Mandiri, Sejahtera, Religius) di tahun 2024. Ada program sapta dambaan telah ditetapkan yang harus direalisasikan yakni Sekolah Mantab (sekolah mandiri, asri dan berkualitas), Masyarakat Sehat dan Religius, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan, Infrastruktur Terintegrasi, Ekonomi Berdaya Saing, Wisata Maju Terus dan Birokrasi Dambaan.

“Dengan keterbatasan APBD untuk mewujudkan program tersebut tidak mudah. Berkunjungnya Komisi X DPR RI diharapkan dapat mendongkrak pencapaian target-target pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai,” ujarnya.

Bupati berharap adanya dukungan pemerintah provinsi terutama pusat melalui reses Komisi X Anggota DPR RI ini, terkait permasalahan dalam bidang pendidikan yang menjadi prioritas pembangunan. Tak hanya itu, di bidang budaya Kabupaten Serdang Bedagai yang memiliki lima kampung budaya sangat perlu pembinaan.

Kemudian, di bidang wisata dan ekonomi kreatif dengan tujuan pilihan mendukung kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba, bidang perpustakaan yang saat ini sedang mengikuti kemajuan teknologi dengan meluncurkan inovasi elektronik perpustakaan.

“Dukungan Komisi X DPR RI tentunya akan memaksimalkan hal ini. Terima kasih kepada Tim reses Komisi X DPR RI dan diharapkan apa yang disampaikan terkait permasalaha ini menjadi kebijakan di tingkat nasional,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi X Agustina Wilujeng Pramestuti, menyampaikan pertemuan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Komisi X DPR RI pada reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022, yang dimaksudkan untuk menggali dan menyerap aspirasi dari pemda serta masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai.

Selain itu mengawasi implementasi kebijakan pemerintah dan mendapatkan penjelasan secara langsung dari pejabat daerah mengenai implementasi undang-undang.

“Adapun tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual dan permasalahan atas implementasi kebijakan-kebijakan terkait bidang Komisi X DPR RI, yang selanjutnya akan menjadi bahan rujukan dalam pengambilan keputusan pada rapat-rapat Komisi X DPR RI,” ungkapnya.*