Mantan Bintang LA Lakers Pau Gasol Resmi Pensiun

33

Pau Gasol resmi menyatakan pensiun dari bola basket profesional. (AFP PHOTO / OZAN KOSE)

JAKARTA- Atlet bola basket asal Spanyol yang sempat memperkuat beberapa tim NBA, Pau Gasol, resmi menyatakan pensiun pada usia 41 setelah berkarier selama lebih dari dua dekade.

Gasol menyudahi karier selama 23 tahun yang dirintis dari Spanyol dan kemudian menuju Amerika Serikat.

Mantan pemain Los Angeles Lakers itu mengumumkan pensiun dalam sebuah konferensi pers di teater Liceu Barcelona.

“Saya berada di sini untuk menyatakan kepada Anda bahwa saya akan pensiun dari bola basket profesional. Ini adalah keputusan yang sulit setelah bertahun-tahun tetapi ini adalah keputusan yang saya ambil dengan hati-hati,” kata Gasol dikutip dari Skysports.

Gasol adalah salah satu talenta besar yang dimiliki Spanyol. Pemain yang bisa menempati posisi sebagai center atau power forward itu mengawali karier profesional di tim Barcelona pada 1998.

Setelah bermain bersama Barcelona, Gasol kemudian bergabung dengan Memphis Grizzlies di NBA pada 2001 hingga 2008. Pada 2002, Gasol mendapat predikat Rookie of the year.

Kariernya kemudian menanjak ketika bergabung dengan Lakers pada 2009. Bersama Lakers, Gasol merasakan gelar juara NBA pada 2009 dan 2010.

Selain gelar bergengsi tersebut, Gasol juga enam kali masuk ke tim NBA All Star.

Selepas memperkuat Lakers pada 2014, Gasol pindah ke Chicago Bulls hingga 2016. Gasol kemudian menjadi bagian San Antonio Spurs selama tiga tahun sebelum berkostum Milwaukee Bucks pada 2019.

Masalah cedera di kaki kiri menjadi salah satu penghambat kelangsungan karier Gasol yang sempat bergabung dengan Portland Trail Blazers pada 2019. Gasol pun tak pernah dimainkan di Blazers.

Gasol kembali mencoba tampil di NBA pada akhir 2020. Pada Februari 2021, Gasol kembali memperkuat Barcelona.

Di timnas Spanyol, Gasol memiliki karier yang cukup panjang. Bergabung sejak 2001, Gasol masih menjadi andalan hingga Olimpiade 2020.

Prestasi Gasol di timnas Spanyol antara lain adalah gelar juara dunia pada 2006, serta emas di kejuaraan Eropa pada 2009, 2011, dan 2015.

Menyambut kabar pensiun Gasol, Lakers berencana mempensiunkan kostum dengan nomor 16 di klub itu.

Sumber: CNN Indonesia