Masuk 3 Besar, Tim Penilai PPD Sumut Tinjau Sarana dan Prasarana Penunjang Pasar Rakyat Sei Rampah

104

Tim PPD Sumut Bersama Bupati Sergai Tinjau Sarana dan Prasarana di Pasar Rakyat Sei Rampah, Minggu (13/2/2022)

Sergai, Timenews.co.id | Penyelenggaraan Gerakan Belanja Bersama Kebutuhan Dapur dan Harian di Pasar Rakyat atau Grebek Dahsyat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berhasil menjadi inovasi bidang perekonomian yang diperhitungkan di tingkat provinsi.

Setelah beberapa waktu sebelumnya Kabupaten Sergai masuk Lima besar Tahap I Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 dan kemudian melaju ke tiga besar di Tahap II, Tim Penilai PPD turun langsung melaksanakan penilaian dan verifikasi saat kegiatan Grebek Dahsyat dilaksanakan di Pasar Rakyat Sei Rampah, Minggu (14/2/2022).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, ikut mendampingi Tim Penilai PPD.

Bupati Sergai dalam kesempatan ini menyampaikan jika inovasi Grebek Dahsyat yang ia inisiasi sudah berjalan rutin sejak tahun lalu. Lewat Grebek Dahsyat, semua pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Sergai diinstruksikan untuk aktif berbelanja di seluruh pasar rakyat yang tersebar di wilayah Sergai.

“Ada beberapa pasar rakyat yang bisa didatangi seperti Pasar Sei Rampah, Pasar Dolok Masihul, Pasar Tanjung Beringin, Pasar Bengkel, Pusat Pasar Perbaungan dan sebagainya,” ucap Bupati.
Dilibatkannya ASN dalam kebijakan ini, kata Bupati, bukan tanpa alasan. Ia menyebut, ASN merupakan salah satu kelompok masyarakat, yang cenderung stabil secara pendapatan di masa pandemi. Hal ini dapat dimaksimalkan untuk ikut membantu menghidupkan kegiatan jual-beli di pasar tradisional sehingga bisa menggerakkan perekonomian lokal.

“Dengan adanya Grebek Dahsyat ini, diharapkan perekonomian bisa tumbuh, karena perputaran uang aktif terjadi di dalam wilayah Sergai, khususnya bagi kelompok masyarakat yang berprofesi sebagai ASN, mengingat cukup banyak ASN Pemkab Sergai yang berdomisili di luar kabupaten,” ucap Darma Wijaya.

Sementara itu Wabup Adlin Tambunan menyebut jika tidak hanya terfokus pada kegiatan transaksi ekonomi, dalam Grebek Dahsyat ini, Pemkab Sergai juga merangkaikannya dengan upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19.

“Selain berjalan dengan protokol kesehatan, kegiatan Grebek Dahsyat juga menyediakan sentra vaksinasi bagi pedagang maupun masyarakat. Pemkab Sergai juga aktif mendukung kegiatan perekonomian di pasar, dengan memberi bantuan kepada para pedagang, salah satunya bantuan alat ukur timbangan,” terangnya.

Sementara itu, Pahala Panjaitan, ST, MT, selaku Ketua Tim PPD dari BAPPEDA Provinsi Sumut, berkomentar kalau kehadirannya pada hari ini bertujuan untuk meninjau dan melihat kelengkapan sarana dan prasarana penunjang pasar serta berjalannya program Grebek Dahsyat ini.

“Ini merupakan bagian dari Tahap III ajang PPD. Sebelumnya Kabupaten Sergai sudah mempresentasikan inovasi Grebek Dahsyat lewat Sekdakab Sergai dan Kepala BAPPEDA Sergai beberapa waktu yang lalu. Hasilnya, inovasi ini berhasil masuk ke 3 besar kategori kabupaten,” ucapnya, sembari berharap semoga inovasi Grebek Dahsyat ini berhasil menuju ajang tingkat nasional.

Dalam kegiatan ini hadir pula Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, serta Para ASN Pemkab Sergai yang ikut berbelanja di Pasar Rakyat Sei Rampah. (Ardi)