Medan Level 2, Bobby Tunggu Edy soal Sekolah Tatap Muka

38

Wali Kota Medan Bobby Nasution merupakan menantu dari Presiden RI Joko Widodo. (CNNIndonesia/Farida).

MEDAN- Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution mengatakan penyebaran Covid-19 di wilayahnya semakin terkendali. Saat ini Kota Medan masuk dalam kategori Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 dari sebelumnya berada di level 3.

Dia kini menunggu instruksi dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi untuk memperlonggar aktivitas, termasuk soal sekolah tatap muka.

“Soal PPKM level 2 masih menunggu instruksi Mendagri, instruksi gubernur, apa-apa saja yang nantinya diperlonggar dan apa diperketat,” kata Bobby saat meninjau vaksinasi jemput bola di Green Kupi, Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor, Selasa (5/10).

Sumut Bebas PPKM Level 4, Edy Minta Warga Tak Lengah Bobby mengaku akan menyiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Medan. Apalagi vaksinasi pelajar sudah mencapai 20 persen sesuai target.

“Minggu lalu dari sekitar 105 ribu adik-adik dan anak-anak kita yang sekolah SD maupun SMP, baru sekitar 4 ribu yang sudah divaksin. Tapi setelah dilakukan percepatan, kemarin saya cek sudah lebih dari 35 ribu. Jadi sebenarnya kita sudah bisa (PTM),” ujar menantu dari Presiden RI Joko Widodo itu.

Namun, kata Bobby, Pemkot Medan masih menunggu keputusan Gubernur Sumatera Utara terkait pelaksanaan PTM untuk tingkat SMA se-derajat. Sehingga PTM bisa digelar serentak untuk tingkat SD, SMP dan SMA.

“Kalau SD dan SMP memang kewenangan kita. Tapi SMA kan kewenangannya di Gubernur. Untuk itu kita kordinasi dulu dengan Pemprov. Supaya nanti PTM-nya bisa serentak di Medan,” urainya.

Wali Kota Banjarmasin Protes Airlangga soal PPKM Level 4 Bobby berharap PPKM level 2dapat dipertahankan atau bahkan diturunkan menjadi level 1. Dalam waktu dekat, Bobby mengaku akan melakukan rapat terkait penurunan PPKM.

“Persiapan level 2 kita akan bicarakan apa-apa saja yang bisa kita longgarkan lagi dan bagian bagian mana yang perlu kita tetap perketat, prokes ini yang enggak boleh kita lupakan,” pesannya.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021, per 4 Oktober 2021, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Medan telah berada di Level 2. Selain Kota Medan ada 26 Kabupaten/Kota lain yang berstatus PPKM Level 2.

Jumlah kasus Covid-19 di Medan pada 4 Oktober 2021 bertambah 13 kasus dari hari sebelumnya menjadi 47.555 kasus, dengan kasus aktif mencapai 385 kasus. Kesembuhan kasus Covid-19 di Medan per 4 Oktober 2021 bertambah 60 menjadi 46.258 kasus dengan meninggal dunia mencapai 912 kasus.

Sumber: CNN Indonesia