Memperbesar Jenis Ikan Cupang, Cantik dan Minat Dipasaran, ini caranya

85

Ikan Cupang Halfmoon Red Usia 3 Bulan. (Foto/timenews.co.id)

Timenews.co.id- Ikan cupang adalah termasuk ikan hias yang masih banyak diminati di kalangan remaja, orang tua maupun anak-anak hingga ibu rumah tangga (IRT).

Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara untuk memperbesaran postur ikan peliharaan kita hingga di minati para pembeli.

Berikut ulasan timenews.co.id disalah satu peternak ikan cupang di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Salah satu peternak ikan cupang, sebut Fazar Betta menyampaikan terik asal usul ikan cupang peliharaanya dalam waktu usia 3 bulan bisa terlihat diusia 5 bulan.

Bagaimana caranya, menurutnya banyak peternak ikan cupang saat melakukan peminjahan ikan cupang berusia 2 -3 bulan selalu menggunakan sisa (bekas-red) botol meneral.

Hal itu guna untuk memperindah warna hingga pembesaran ikan peliharaan kita. Namun disisi lain kita tidak tahu bagaimana cara di usia 1 bulan ikan pemeliharaan bisa terlihat besar dan memuaskan.

Salah satunya, dalam usia 2-3 bulan kita harus menyedikan tempat untuk peminjahan ikan cupang yang berukuran besar seperti ember. Namun kita harus mengeluarkan biaya yang cukup pantasis.

Dimana dalam pembelian satu buah ember berukuran besar, maka kita wajib menyedikan uang sebesar Rp 5 ribu rupiah sampai Rp 10 ribu rupiah /biji. Jika ternak
ikan bisa mencapai ratusan atau puluhan ikan cupang, maka kita harus menyediakan biaya sebesar yang sudah kita tentukan harga peminjahan tersebut.

Misalnya, beli 10 buah/ember dengan harga Rp 5 ribu/rupiah. Maka kita harus menyedikan uang sebesar Rp 50 ribu rupiah. Jika kita beli 10 buah /ember maka kita harus menyedikan uang sebesar Rp 100 ribu/rupiah.

Kenapa kita harus kita pakai tempat pembesaran !

Menurutnya, Hal ini guna untuk memperluasan gerakan ikan cupang seperti di alam bebas.

Maka ikan cupang peliharaan dalam waktu 1 bulan maka ikan cupang peliharaan kita akan terlihat hasilnya seperti ikan cupang yang berusia 5 bulan.

Namun jangan lupa, jika memberikan tempat peminjahan maka kita harus juga mengontrol jenis pakanan hidup. Seperti kutir, cacing hingga jentik nyamuk. Jika tidak ada bisa diberikan makanan seperti pelet. Hal ini guna untuk membantu perkembangan ikan peliharaan.

Misalnya, jenis ikan cupang Halfmoon Red milik saya, sambung Fazar, usia 2 bulan langsung kita lakukan peminjahan ditempat palstik kemesanan berukuran palstik 2 kilogram. Selama 1 bulan ikan cupang saya terlihat besar seperti usia 5 bulan.

Namun disisi lain, banyak yang belum diketahui bagi para peternak ikan cupang untuk tempat peminjahan yang bisa menampung puluhan sampai ratusan ikan cupang dengan harga biaya sebesar Rp 16 ribu rupiah.

“Bagaimana dan apa tempatnya !!!

Seperti diketahui, Hanya biaya sebesar Rp 16 ribu rupiah, maka kita bisa menampung puluhan atau ratusan ekor ikan cupang dalam peminjahan.

Selain itu bahannya mudah di dapat dan mudah dibeli dikios kios terdekat disekitaran rumah kita. Apakah itu, pasti kita tahu jika tempat itu sering kita lihat dan bisa kita ketahui yaitu jenis plastik kemesan.

Kenapa plastik kemesan. Plastik kemesan adalah guna untuk menampung segala jenis barang barang seperti menampung Gula, minyak makan hingga buah buahan. Namun disisi lain banyak tidak diketahui bahwa plastik kemesan tersebut bisa untuk peminjahan ikan cupang peliharaan kita.

Selain harga terjangkau, juga menghemat biaya. Misalnya plastik kemesanan jika di beli di kios kios terdekat atau lokasi penjualan plastik mudah di dapat. Karna plastik kemesan dalam 1 kilogram kita bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp 16 ribu – 20 ribu/rupiah.

Dalam 1 kilogram, bisa kita dapatkan sampai ratusan buah plastik kemesan. Jika untuk peminjahan ikan cupang maka
bisa menghemat ratusan ikan.

Berapa ukuran plastik kemesan!

Menurutnya, jika kita samakan dengan tempat peminjahan seperti ember. Maka kita harus mencari plastik kemesan yang berukuran besar. Misalnya ukuran plastik kemesanan ukuran 2 kilogram sampai 3 kilogram.

Kenapa memakai plastik kemesanan ukuran besar ? 

Ia menambahkan, pemakaian plastik kemesanan ukuran besar gunanya untuk mempergerak ikan peliharaan kita agar bisa memiliki warna sampai membesar tubuh ikan tersebut.

Hal ini manfaat perbedaan pemakaian peminjahan dengan tempat seperti ember dengan plastik kemesanan.

“Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk bagi para peternak ikan cupang”.tutupnya Fazar Betta.

Cacatan redaksi timenews.co.id