Menata Kec Sei Rampah Sebagai Ibu Kota Kabupaten, Pemerintah Siapkan 180 Los untuk Pedagang Pekan Lelo Secara Gratis

293

Sekretaris Perindag Kab Sergai Roy S Pane bersama Komda Dewan UKM Budi Sumalim, SE beserta jajaran OPD, tokoh masyarakat saat meninjau lokasi relokasi pekan lelo, Jumat (22/10).(Foto/istimewa).

SERGAI, timenews.co.id| Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai terus berupaya memberikan terbaik untuk masyarakat, khususnya para pedagang Pekan Lelo di Dusun X, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, yang akan di relokasi ke pasar Rakyat di Sei Rampah.

” Upaya itu adalah menyiapkan los yang tinggal digunakan oleh pedagang lelo dan mampu menampung 180 pedagang pekan lelo. Lokasi yang cukup layak, nyaman dan bersih,”ujar Sekretaris Perindag Kab Sergai Roy S Pane bersama Komda Dewan UKM Budi Sumalim, SE beserta jajaran OPD, tokoh masyarakat saat meninjau lokasi relokasi pekan lelo, Jumat (22/10).

Sambung Roy, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai di bawah kepemimpinan Bupati H.Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Tambunan saat ini konsen menata Kecamatan Sei Rampah sebagai ibu Kota Kabupaten sangat pro rakyat.

“Menata pedagang agar memahami peraturan perda no 7 tahun 2018 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan dan pelaku usaha melakukan usaha perdagangan di bidang pasar
wajib memiliki IUP2T,”ujar Roy S Pane.

Untuk itu, kata Roy S Pane. Pemkab Sergai telah menyedikan lokasi yang cukup layak, tersedia lahan parkir, toilet dan fasilitas umum lainnya. Bagi pedagang pekan lelo yang akan di relokasi tidak akan di pungut biaya dan memakainya secara gratis,”ungkapnya.

” Jika jualan pedagang banyak maka bisa menempati dua los, dan seluruh fasilitas umum di lokasi ini dapat di pergunakan pedagang maupun pembeli yang sudah di sediakan dengan kondisi yang cukup layak,”ujar Roy S Pane.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komda Dewan UKM Kab Sergai Budi Sumalim, SE, MM sangat mengapresiasi langkah pemkab Sergai yang telah menyediakan lahan dan bangunan 180 los untuk para pedagang pasar lelo yang akan direlokasi.

“Tempat ini sangat layak, bersih dan sehat untuk aktivitas jual beli,” katanya.

Kata Budi, untuk keamanan pada pedagang dan pembeli sangat terjamin, mengingat lokasi berada tepat di depan kantor Polsek Firdaus,”ujar Budi Sumalim.

Selain itu, Personel Satpol PP nantinya akan membantu mengawasi dan personel Dinas Perhubungan membantu pedagang dan pembeli akan masuk ke areal saat menyeberangi Jalinsum,”sambungnya.

“Untuk keamanan sendiri sangat terjamin, sebab lokasinya berada persis di depan kantor Polsek Firdaus, selain itu untuk keamanan di Jalinsum, personel Dinas Perhubungan akan selalu membantu pengamanan arus lalu lintas,”pungkasnya.

(Red).