Merasa Ditipu, Seorang Pria Ngaku Staf Komensos Digiring Para Korban ke Kantor Polisi

72

Para korban penipuan saat membuat pengaduan Setra Pelayanan Kepolisian Terpadu( SPKT), Kamis(23/9).(Foto/istimewa).

SERGAI- timenews.co.id| Pelaku berinisial IN (38) warga Desa Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis(23/9/2021) sekira pukul 00:30WIB, tak berkutik setelah warga (korban-red) membawa dirinya kekantor Polisi.

Pasalnya, IN ditangkap warga di sebuah warung kopi di Simpang Binjai, akibat melakukan penipuan tehadap puluhan warga Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai dengan mengaku sebagai Staf Komensos.

Pantuan awak media di SPKT Polres Sergai, puluhan warga yang berasal Dusun I Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringgin, Sergai terlihat membawa pelaku ke Polres Sergai.

Tanpa basah basih atas mendengar pengaduan puluhan warga, akhirnya petugas kepolisian langsung membawa pelaku ke Satreskrim Polres Serdang Bedagai. Sementara puluhan warga membuat laporan ke Setra Pelayanan Kepolisian Terpadu( SPKT).

Salah satu korban, Lisaputra alias Tora (41) usai membuat pengaduan di SPKT Polres Sergai mengatakan bahwa pelaku dikenalnya lantaran sesama pengurus salah satu partai peserta pemilu 2019.

” Kepada saya pelaku mengaku bekerja sebagai staf Kementerian Sosial di Jakarta. Dan menawarkan bantuan pra usaha untuk pengangguran, serta bantuan Boat untuk nelayan,” kata Tora didampingi sejumlah korban yang berdomisili warga Dusun I Desa TebingTinggi.

Untuk meyakinkan mereka, kata Tora, mereka dijanjikan bantuan Rp 28 juta per kelompok dan boat nelayan dengan dikenakan biaya proses pengurusan sebesar Rp20 juta.

” Setelah uang diberikan Rp5 juta dan biaya lainnya dari para korban berjumlah sepuluh orang total sebanyak Rp18 juta lebih. Kemudian setelah itu pelaku tidak ada kabar beritanya,”ucap Tora.

Korban menjelaskan, selama ini mereka hanya berhubungan atau komunikasi melalui telepon seluler dan memberikan uang juga melalui transfer.

” Baru dua Minggu yang lalu kami berhubungan, namun setelah diberikan uang tidak ada kabar, sehingga kami berlima mencari pelaku dan bertemu di Simpang Binjai,”ungkap Tora

Saat itu juga, kata Tora. Kami langsung membawa pelaku ke Polres TebingTinggi dan lantaran kami alamat Serdang Bedagai, kami di arahkan untuk membawa pelakun ke Polres Serdang Bedagai,” pungkas Tora.**