Muda Mendapatkan Data Orang Asli Papua, Kepala BPJSTK Fakfak Berikan Apresiasi Pemkab Kaimana

43

Kepala BPJSTK Cabang Fakfak-Kaimana, Sirta Mustakiem.(Foto/istimewa).

KAIMANA-timenews.co.id| Melalui hasil Konsultasi dan kordinasi dengan Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana terkait data Orang Asli Papua di Kaimana yang nantinya Pemda Kaimana memberikan perlindungan melalui Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Maka telah menerima data masyarakat dari 2 Instansi, yakni Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaimana.

“BPJS Ketenagakerjaan Fakfak Kaimana, sangat bersyukur dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya Pemerintahan Kabupaten Kaimana khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Kaimana beserta seluruh jajaran,”ucap Sirta Mustakiem saat Jumpa Pers dengan sejumlah wartawan di Kaimana,Kamis (23/09/2021).

Menurutnya, hal ini menindak lanjuti kebijakan dan arahan bapak bupati kaimana, dalam memberikan jaminan perlindungan kepada masyarakat, terlebih khusus bagi orang asli Papua di kaimana melalui BPJS Ketenaga kerjaan.

” BPJS Ketenaga kerjaan cabang Fakfak telah melakukan kordinasi langsung dengan instansi teknis terkait, yang benar- benar dapat menyediakan sumber data dalam menindak lanjuti program tersebut, yakni Disdukcapil dan BPS kaimana,”ujar Sirta Mustakiem Perempuan Asal Makasar Toraja yang lahir dan besar di Papua ini.

Sehingga datanya telah kami terima, kemudian nantinya akan dicocokan atau digabungkan dengan data BPJS Ketenagakerjaan dan selanjutnya akan kami laporkan kembali kepada kepala daerah dalam hal ini bapak Bupati Kaimana,”jelasnya.

Namun saat disinggung soal data OAP kaimana, apakah nantinya pihak BPJS Ketenagakerjaan fakfak yang akan masukan nama-nama kedalam program BPJSTK tersebut.

Sirta mengakui bahwa untuk data OAP tersebut, pihak BPJS hanya sebagai penyelenggara dan sebatas menerima laporan data yang masuk, sementara yang berhak menentukan nama untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial tersebut adalah Pihak Pemkab Kaimana sendiri.

“kami sebagai penyelenggar hanya sebatas menerima laporan data, sementara yang berhak menentukan siapa saja OAP yang nantinya mendapatkan perlindungan jaminan sosial tersebut adalah Pemkab Kaimana sendiri, karena Pihak Pemkab Kaimana yang lebih mengatahui seluruh masyarakatnya, untuk mendapat perlindungan Jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini,” ungkapnya.

Sehingga telah memberikan respon positif, bekerja cepat serta mendukung penuh dalam menjalankan program perlindungan masyarakat, terutama kepada masyarakat Orang Asli Papua di Kaimana.

“ Sebagai Pihak BPJSTK, kami sangat bersyukur atas respon positif dari bapak Bupati beserta jajaranya yang sangat mendukung penuh Program BPJS Kerenagakerjaan ini, demi melindungi masyarakatnya terlebih kusus bagi OAP di Kabupaten Kaimana ini,”ujarnya.

” Sejak saya bertemu dan menyampaikan program jaminan social ini serta membicarakan data OAP, kepada Bapak Bupati di Ruang VIP bandara utarom kaimana, dan beliau langsung memberikan instruksi arahan, sampai dengan penyediaan data sangat disiapkan dengan baik,”pungkasnya**