Pelestarian Lingkungan, Kelompok Pesisir Sejahtera Sergai Tanam Ratusan Pohon

195

Ketua Kelompok Tani Hutan Pesisir Sejahtera, Gobel Hardiono bersama Pengurusan penanaman pohon di pesisir pantai(ist)

SERGAI, timenews.co.id| Sebagai bentuk komitmen terhadap pelestarian lingkungan kelompok tani hutan Pesisir Sejahtera Kab.Serdang Bedagai (Sergai) menanam ratusan pohon buah-buahan di daerah pesisir Dusun II Desa Bagan Kuala Kec.Tanjung Beringin Kab.Sergai.

Ketua Kelompok Tani Hutan Pesisir Sejahtera, Gobel Hardiono didampingi Sekretaris Kelompok Tani M.Ghazali dan Bendahara Sarkawi Senin (21/3) di Sei Rampah menuturkan anggota Kelompok Tani Hutan Pesisir Sejahtera telah beranggotakan 300 orang dengan Penasehat Syahrianto, Loso Mena, H Saiful Amri, Siswanto B, Gober Hermanto, Sapril, Misdi, M Nasir.

” Sebagai bentuk komitmen pelestarian lingkungan aksi perdana penanaman ratusan pohon di lokasi pesisir pantai Dusun II Desa Bagan Kuala Kec Tanjung Beringin, Minggu (20/3) kemarin, adapun jenis tanaman buah-buahan yakni Manggis, Petai, Jambu Madu, Rambutan dan Durian”, terang Gobel.

Dalam waktu dekat imbuh Ketua Kelompok Pesisir Sejahtera, pihaknya juga akan melaksanakan aksi penanaman mangroove di wilayah pesisir Desa Bagan Kuala dan sekitarnya.

Kegiatan penanaman lanjut Ketua kelompok Pesisir Sejahtera, juga bertujuan agar terwujudnya cita-cita bersama bangsa ini dalam rangka pelestarian hutan di pesisir pantai, yang mana dimasa depan dapat memberikan kontribusi positif bagi kehidupan masyarakat sekitar pesisir pantai .

Dalam artian lanjutnya telah bersinerginya keinginan Pemerintah dan masyarakat khususnya kelompok Tani Hutan Pesisir Sejahtera untuk mencapai peningkatan status sosial ekonomi kemasyarakatan di Kec.Tanjung Beringin khususnya dan Kab.Sergai secara umum, semoga masyarakat luas benar-benar mendukung cita-cita luhur ini.

” Kami berharap jika pun ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab diduga melakukan perusakan dan penebangan hutan di pesisir pantai diharapkan dapat diproses sesuai hukum yang berlaku oleh instansi terkait, menginggat betapa pentingnya fungsi hutan pesisir pantai dalam menahan abrasi air laut, serta sebagai tempat berkembang biaknya biota laut” cetus Gobel.

Kedepan sebutnya Kelompok bersama masyarakat sekitar juga berkomitmen akan melaksanakan penanaman magroove di pesisir pantai dalam waktu dekat dengan tujuan penyelamatan paru-paru dunia yang bermanfaat langsung bagi kehidupan masyarakat nelayan.

” Kegiatan penanaman pohon ini merupakan kepentingan bangsa dan negara dalam upaya penyelamatan pesisir pantai maka diharapkan aplikasi pelaksanaan ini yang dilakukan kelompok tani, untuk itu kami berharap agar Pemerintah memberikan perhatian serius terhadap kegiatan ini demi terjaganya ekosistem hutan dan terwujudnya cita-cita bersama, baik cita bangsa negara dan dunia”, pungkas Gobel.(Sugi)