Pemdes Sei Buluh Fasilitasi Musyawarah Gapoktan, Kelompok Tani Minta Perubahan dan Pembaharuan 

92

Hasil Musyawarah pengurus gabungan kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sei Buluh, Hasil Voting Solok Terpilih menjadi Ketua Gapoktan Sepakat di laksanakan di Aulah Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai, Rabu(22/9).(Foto:Sugi/timenews.co.id)

SERGAI- timenews.co.id| Pemerintah Desa Sei Buluh memfasilitasi musyawarah pengurus gabungan kelompok Tani (Gapoktan) di Aulah Kantor Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu(22/9/2021).

Dalam gelar musyawarah, Kepala Desa Sei Buluh, Subandi menyampaikan bahwa kegiatan ini kami hanya memfasilitasi agar kegiatan ini berjalan dengan baik. Sehingga apa yang hasilkan dalam musyawarah nantinya bermanfaat,”ucap Subandi dalam sambutanya.

Menurutnya, ini merupakan usulan dari kelompok tani (Poktan) agar dilaksanakanya kegiatan pembentukan pengurus Gapoktan Sepakat yang baru untuk periode 2021 – 2026.

Hal ini berdasarkan surat No.0001/KT-Desa Sei Buluh /VIII/2021 pada tanggal 6 Agustus 2021 tentang permohonan sembilan (9) ketua kelompok tani di Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai ke Pemerintah Desa Sei Buluh guna melaksanakan musyawarah Gabungan Kelompok Tani Sepakat Desa
Sei Buluh ,”ungkap Subandi.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian(BPP), Kabupaten Serdang Bedagai, Mustopa menyampaikan pada intinya bahwasanya kelompok tani itu adalah wewenang desa.

“Sesuai tupoksinya kelompok tani itu berdasarkan AD/ARTnya, siapapun yang terpilih nantinya, supaya benar- benar bisa menjalankan tugasnya,”ucap Mustopa.

Menurutnya, setiap kelompok tani ada anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), namun yang kita dapatkan di 3 kecamatan terdapat AD/ART masih banyak Copy Pasti,”ujar Mustopa

Senada juga dikatakan Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian, Syamsiah Lubis menuturkan bahwasanya kehadiran kita ini untuk mengikuti hasil musyawarah pengurus gabungan kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Sei buluh yang sudah direncanakan.

“Intinya kelompok tani ini adalah Gapoktan ini adalah tergabungan dari kelompok tani yang ada disini bergabung yaitu menjadinya Gapoktan. Jadi sebetulnya  tujuanya sama bagaimana untuk memberhasilkan atau meningkatkan bagaimana desa Sei Buluh bisa menjadi lebih baik,”ucap Syamsiah.

Menurutnya, semua desa itu adalah sama, mungkin dalam pengurusan ini nantinya harus lebih diperkuat lagi. Dengan hasil musyawarah dengan keanggotaan yang ada disini apapun itu ceritanya adalah kebersamaan kita semua,”ujarnya.

“Intinya pengurusan itu semua bagus, jika nantinya terpilih itu adalah hasil musyawarah, perlu kita ingat bahwa keanggotaan itu adalah tugasnya mengawasi,”ungkapnya.

Salah satu Ketua kelompok tani Sidobahagia, Parmin menyampaikan, dulu kami pernah tahun 2005 -2006
ada pembentukan pengurus kelompok (Gapoktan) dan saya menjadi sekretaris, namun tahun 2020 ada pembentukan lagi namun saya tidak di undang.

Sambung Parmin, intinya kita ingin yang terbaik, karna selama di pengurusan yang sudah cukup lama harus ada perubahan,”ujar Parmin.

“Harapan saya, mari disini kalaulah nanti pilih yang baru carilah yang muda yang mau bekerja dan masih semangat yang bisa membuat perubahan khususnya Desa Sei Buluh,”harap Parmin.

Senada juga sampaikan Ketua Kelompok Tani Srikandi, Wagiman mengatakan hari ini kita mencari ketua kelompok yang baru, mungkin semua bagus tapi kita ingin cari yang baru dan mencari perubahan dan pembaharuan di Desa Sei Buluh.

“Mudah-mudahan yang terbaru nantinya, mari kita sama sama kita bina bersama-sama khusus Desa Sei Buluh untuk yang lebih baik lagi”,ujar Wagiman.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tunas Baru, Suyetno secara singkat menyampaikan,”kuncinya  sama -sama kita dukung yang terbaru,”ucapnya.

“Hasil Voting Terbanyak, Solok Terpilih Ketua Gapoktan Sepakat Masa Priode 2021-2026”

Hasil musyawarah pemilihan pengurusan Gapoktan secara voting di hadiri 9 kelompok tani dari 13 kelompok tani di Desa Sei Buluh.

Dari hasil voting, ketua Gapoktan Sepakat masa priode 2021-2026 terpilih, Solok, sekretaris Hariono, Bendahara Dwiko Thamara.

Ketua Gapoktan Sepakat terpilih, Solok, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Dirinya berharap, untuk 13 kelompok tani yang ada di Desa Sei Buluh agar kedepan untuk bisa kerjasamanya agar Gapoktan yang nantinya yang saya pimpin bisa menjadi wadah kelompok tani yang lebih baik lagi.

“Kepada pengurusan yang lama, saya mohon arahan dan bimbingan selaku senior dan kerjasamanya untuk memajukan pertanian yang ada di Desa Sei Buluh,”pungkasnya.

Dalam giat musyawarah di hadiri Babinsa Teluk Mengkudu, Praka kukuh anggara, Bhabinkamtibmas Teluk Mengkudu, Bripka Yosi, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Kab. Sergai, Haikal Anif Nasution, Perangkat Desa, Kepala Dusun dan tokoh Masyarakat, media.**

(Red).