Pemkab Sergai Gerak Cepat Atasi Longsor di Desa Serbananti Sipispis

161

Alat Berat Bersihkan Material Longsor Rabu (17/11/2021)

Sergai – Menyikapi kondisi cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir ini terjadi khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai, masyarakat diminta untuk tetap waspada dalam menghadapinya.

Seperti longsor yang terjadi pada Selasa (16/11/2021) sekira pukul 18.00 WIB tepatnya di tebing jembatan Sihorbu yang menghubungkan jalan kabupaten di Desa Serbananti dengan Desa Marubun Kecamatan Sipispis.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (17/11/2021) pagi.

Dikemukakan oleh Akmal, Pemkab Sergai menerima laporan jika terjadi longsor di Desa Serbananti, dengan cepat merespon dan tanggap terhadap bencana tersebut.

Kadis Kominfo menyampaikan, bahwa menurut informasi dari Camat Sipispis Hidayat Tambunan, longsor ini disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dan kondisi jalan yang bertebing mengakibatkan rawan longsor. Kejadian ini juga sudah dilaporkan ke Pemkab Sergai dan ditanggapi dengan cepat oleh Pemkab.

“ Pagi ini juga Pemkab Sergai melalui Dinas PUPR sudah berada di lokasi longsor dan telah menurunkan alat berat guna membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dan dalam beberapa jam ke depan diharapkan jalan longsor tersebut normal kembali dan bisa dilalui oleh kenderaan baik roda dua maupun roda empat,” jelas Akmal.

Hingga pagi menjelang siang hari ini, akses jalan tersebut sudah dapat dilalui oleh Masyarakat.

“ Alhamdulillah, jalan sudah dapat dilalui bagi masyarakat yang akan melakukan aktivitas. Saat ini Camat beserta jajaran bersama unsur Forkopimcam, Kades Serbananti serta masyarakat sekitar bergotong royong untuk membersihkan sisa-sisa tanah longsor yang menimbun ruas jalan dekat jembatan Sihorbu,” terang Akmal

Kepala Desa Serbananti Darmen Tuah Sinaga beserta masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sergai yang dengan cepat dan tanggap dalam melakukan penanganan longsor di sini.

“ Syukur Alhamdulillah, longsor sudah teratasi. Ini semua berkat respon yang cepat dari Pemkab Sergai sehingga jalan dapat kembali normal, masyarakat yang terbiasa melalui jalan dan jembatan ini dapat beraktivitas kembali seperti biasa. Sekali lagi kami masyarakat Desa Serbananti mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemkab Sergai, “ tutupnya.

Terpisah, Kadis PUPR Sergai, Johan Sinaga menuturkan setelah mendapat informasi bahwa ada insiden longsor di Kecamatan Sipispis, pihaknya langsung bergerak cepat untuk menangani masalah itu. Dengan dibantu Camat, Forkopimcam dan masyarakat, saat ini kondisi jalan dan jembatan Sihorbu sudah kembali normal dan dapat dilalui oleh masyarakat. (Ardianto)