Pemkab Sergai komitmen dalam memajukan UMKM Sergai

56

Ketua TP PKK Sergai Hj. Rosmaida Darma Wijaya.

SERGAI- Timenews.co.id| Ketua TP PKK Sergai Hj. Rosmaida Darma Wijaya mengunjungi Desa Rimbun, Kecamatan Sipispis untuk menyerahkan bantuan lima alat tenun dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Rosmaida Saragih didampingi Wakil Ketua I Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Wakil Ketua II Ny Uke Retno Faisal Hasrimy dan Kadis Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Nakerkop-UM) Drs Nasrul Azis Siregar, Rabu (13/10/2021).

Sepanjang perjalanan menuju Desa Rimbun, Rosmaida mengaku sangat terkesan dengan pemandangan alam dan beberapa penenun yang tampak bekerja di teras rumahnya. “Wah semacam ke Berastagi pemandangannya, ada penenun juga seperti di Samosir,” ujar Rosmaida kepada Kepala Desa, Candra Damanik saat tiba di Kantor Kepala Desa Rimbun.

Kehadiran rombongan juga disambut dengan adat khas Simalungun, Boras Sabur-saburan dan pemberian kain ulos.

Candra Damanik mengatakan, pihaknya merasa bahagia karena desanya telah dipilih oleh Rosmaida yang juga ketua Dekranasda Sergai sebagai penerima bantuan alat tenun. “Semoga ke depan ada lagi bantuan alat tenun untuk desa ini yah buk karena 70 persen ibu-ibu di sini pekerjaannya menenun, jadi lima alat masih belum cukup. Begitu pun kami sangat berterima kasih karena sudah dipilih sebagai penerimanya,” ujar Candra.

Menanggapi hal itu, Rosmaida mengatakan pihaknya akan mendukung dan ke depan, Dekranasda akan memasukan karya milik perajin di desa ini sebagai barang andalan saat ada pameran atau griya tingkat Sumut ataupun nasional.

“Kita sama-sama doa yah semoga ada alat tenun lagi yang masuk, kami juga akan mengenalkan karya-karya milik desa ini ke luar melalui pameran atau lainnya, pemandangannya juga indah,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan Pemkab Sergai memberikan perhatian khusus untuk UMKM melalui program yang berfokus pada pengembangan agar UMKM tetap bertahan karena menjadi satu penggerak roda perekonomian. “Jalan atau akses ke lokasi ini, saya lihat tadi ada yang masih baru diaspal, masih sangat pekat. Ini bukti kalau Pemkab Sergai komitmen dalam memajukan UMKM Sergai, dibuktikan dengan akses yang mudah tentu membantu para UMKM dalam mobilitas,” katanya.

Ia juga menyarankan kepada perangkat desa untuk bisa mengatur BUMDes lebih baik lagi, promosi alam dan kain tenun agar Desa Rimbun bisa maju dan menjadi tujuan wisata. “Saya harap perjainnya juga tetap semangat dan teruslah berkreasi yah,” tutup Rosmaida.

(Agus)