Pimpin Upacara Hantaru, Bupati Darma Wijaya : Tingkatkan Pelayanan dan Tertibkan Administrasi Agraria

39

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya memimpin upacara peringatan hari agraria dan tata ruang ke 61di halaman kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (24/9/2021).(Foto/istimewa’).

SERGAI-timenews.co.id| Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya memimpin upacara peringatan hari agraria dan tata ruang ke 61 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai di halaman kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (24/9/2021).

Dalam sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil yang dibacakan Bupati Darma Wijaya mengatakan pada peringatan hari agraria dan tata ruang dengan mengangkat tema percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang profesional ini, diharapkan layanan masyarakat dan penertiban administrasi agraria harus segera diselesaikan.

“Itu semua dilakukan dalam rangka mengimplementasikan undang undang cipta kerja dalam memberikan lapangan pekerjaan dan membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta mendong investasi,”ungkapnya.

Salah satu program mengimplementasikan Undang Undang Cipta Kerja ini dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal dengan penyederhanaan persyaratan dalam pengurusan administrasi agraria.

“Penyederhanaan yang dimaksud harus meingkup 3 persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu kesesuaian kegiatan pemanfataan ruang (KKPR), oersetujuan lingkungan dan detail tata ruang,”jelasnya.

Sejalan dengan percepatan pemulihan ekonomi nasional ini, diluncurkanlah sistem pendaftaran online aplikasi loketku dan aplikasi permohonan informasi online.

“Diharapkan melalui aplikasi ini masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang kekantor pertanahan. Serta meningkatan layanan dan mengefisiensikan waktu, biaya dan transparansi layanan,”tambahnya.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada seluruh jajaran khususnya pegawai BPN dan Polri untuk memberangus mafia tanah.

“Seluruh pihak harus bersama-sama dalam peningkatan layanan dan penertiban administrasi agraria. Ini semua dilakukan demi Sergai Maju Terus,”tandasnya.

Peringatan hari Agraria dan Tata Ruang ke 61 tahun 2021 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai ditandai dengan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Serdang Bedagai Joko Sutari dan 2 orang pegawai BPN Sergai lainnya.**