PON XX Papua Berakhir: Sumut Peringkat 13, Anak Asahan Pecahkan Rekor Sea Games

45

PON XX Papua Berakhir: Sumut Peringkat 13, Anak Asahan Pecahkan Rekor Sea Games Agustina Mahardika Manik peraih medali emas dan pecahkan rekor Sea Games di lari 800 meter putri PON XX Papua. ( Foto. Dok. Humas)

TIMIKA – Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua berakhir. Jawa Barat tampil sebagai juara umum dengan mengumpulkan 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Ada pun Sumut harus puas di peringkat 13 dengan perolehan medali 10 emas, 22 perak, dan 23 perunggu. Tapi keberhasilan atlet Agustina Mahardika Manik asal Bandar Pasir Mandoge, Asahan memecahkan rekor Sea Games memberi kebanggaan tersendiri bagi Sumut.

Acara closing ceremony PON XX Papua rencananya digelar di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan pada hari ini, Jumat (15/10/2021)

Atlet Sumut Agustina Mahardika Manik berhasil merebut medali emas dan memecahkan rekor Sea Games atas namanya sendiri di nomor lari 800 meter putri PON XX Papua di venue Atletik Mimika Sport Complex, Rabu (13/10/2021).

Agustina mencatatkan waktu 2:08.91 detik pada perlombaan ini, sementara untuk rekor Sea Games yang juga atas namanya saat di Philipina tahun 2019, dengan catatan waktu 2:09.43.

Dengan kemenangannya ini, ia pun telah memperoleh dua medali emas untuk Cabor Atletik pada PON XX Papua. Satu emas lagi ciperolehnya dari nomor lari 1.500 meter.

Motivasi utama dalam mengikuti PON ini menurut Agustina, karena adanya support dari keluarga, terutama suaminya yang mendampinginya di PON XX Papua ini.

“Terima kasih atas supportnya suami, orang tua dan seluruh masyarakat Kabupaten Asahan (Sumatera Utara, Red), terima kasih doanya,” tuturnya.

Agustina mengungkapkan, faktor cuaca sangat berpengaruh saat pertandingan, tapi kondisi itu tidak menyulutkan mental juaranya.

“Cuaca memang tiba-tiba berubah tapi tidak mempengaruhi jiwa petarung saya, mau hujan atau apapun, harus diselesaikan sampai garis finish,” tegasnya.

Sumber: GoSumut