Ratusan Kios di Pajak Lama Perbaungan ludes Terbakar, 4 Unit Damkar Sergai-Deli Serdang Dikerahkan

73

Detik detik Pajak Lama Perbaungan Ludes Terbakar di lalap si Jago Merah di Jalan Deli, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Sergai. Kamis(15/9).(Foto.timenews.co.id)

SERGAI-timenews.co.id| Ratusan kios yang berada di pajak lama Perbaungan di Jalan Deli Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, ludes terbakar dilalap Sijago merah. Kamis(15/9) sekira pukul 06:15WIB.

Hasil informasi dilapangan, Api berhasil dipadamkan setelah 2 jam lebih dibantu 4 unit mobil damkar dari Pemkab Sergai dan Deli Serdang yang dikerahkan turun kelokasi kejadian.

Hingga saat ini belum diketahui motif peristiwa kebakaran dilokasi tersebut. Menurut keterangan warga diduga akibat konsetling arus pendek listrik.

Pantuan awak media, lokasi kios milik para pedagang yang di lalap si jago merah hampir merata terbuat dari bahan yang muda terbakar. Bahkan lokasi kios yang hanggus terbakar hampir merata
yang berada Jalan Deli, tepatnya di bagian belakang Kota Perbaungan.

Selain itu, para pedagang yang maryoritas penjual segala jenis kebutuhan masyarakat seperti jual sayuran, Baju dan klontong dan Buah buahan ludes terbakar di lalap si jago merah.

Bahkan dilokasi kebakaran turut membantu Polri dan TNI dan para pedagang lainya untuk mengevakuasi barang barang dagangan milik pedagang yang dapat di selamatkan

Salah satu warga, Ajo(36) kepada awak media dilokasi mengatakan peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 06:15 WIB Pagi.

” Saat kejadian api tiba -tiba muncul dibagian atap kios milik para pedagang dan langsung merembet kios lainya,”kata Ajo, Kamis(15/9).

Ajo mengatakan, bahwa sewaktu kejadian dirinya tidak tahu persis asal api menghanguskan puluhan kios milik pedagang.

“Kebakaran ratusan kios di pajak lama perbaungan kita tidak tau, namun dia menduga akibat kebakaran itu berasal dari konsletting arus pendek listrik di salah satu warung di lokasi area kebakaran,” tambahnya.

Sementara itu, Hanafi (39) juga menuturkan, dalam isiden peristiwa kebakaran sejumpah mobil pemadam kebakaran Pemkab Sergai dan dibantu Damkar Deli Serdang guna memadamkan si jago merah.

“Api mulai membesar, tadi kami kebingungan memadamkan api dengan alat seadanya, saya langsung menghubungi Ketua DPRD Sergai meminta pertolongan agar Mobil Damkar bisa turun ke lokasi,”ucap Hanafi.

Hingga kini belum diketahui penyebab kebakarannya, setelah Damkar sudah turun api mulai dapat dipadamkan.

“Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, karena para pedagang belum datang,”ujarnya yang merupakan Abang becak sering mangkal didepan Pajak Lama Perbaungan.

Hal serupa dikatakan Yamin, bahwa kebakaran ini sangat cepat hingga meludeskan diperkirakan ratusan kios pedagang Pajak Lama Perbaungan dan saat ini pukul 08.15 WIB pihak Damkar sedang memadamkan sisa-sisa api kebakaran tersebut.

“Mobil Damkar Sergai ada 4 unit, Pemkab Sergai 2 Unit dan Deli Serdang 2 unit turun ke lokasi kebakaran Pajak Lama Perbaungan, Alhamdulillah api sudah dapat dipadamkan,”ujarnya.

Terpisah, Kepala BPBD Sergai H. Henry Suharto dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp sekira pukul 08.00 WIB membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.

“Ya benar, Damkar sudah dan sedang aksi. Kami sudah call Kasat Pol PP sejak pagi tadi,”bilangnya.

Mengenai penyebab kebakaran, Henry Suharto menegaskan akan diinfokan oleh Dinas Satpol PP yang menangani Damkar sesuai PP 18 Tahun 2016.

“Sesuai PP 18 Tahun 2016 tidak lagi di BPBD, tapi mereka (Dinas Satpol-PP) sudah aksi itu,”tutupnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Sergai, Drs Fajar Simbolon membenarkan bahwa pihaknya sudah turun ke lokasi untuk memadamkan kebakaran di Pajak Lama Perbaungan.

“Iya Damkar kita sudah dilokasi. Penyebabnya belum tahu, nanti itu bang (wartawan-red), kita padamkan dulu apinya,”pungkas Pajar Simbolon.(sug)