RSU Melati Perbaungan Manfaatkan Produk Riset Laboraturium Fakultas USU Medan

42

Kerjasama itu di tandai dengan foto bersama antara ketua Dewan UKM Sergai Budi,SE.MM dengan Direktur RSU Melati Perbaungan Dr.Tondy saat penyerahan Fitbumino dan fitbumin vemuno di depan Halaman RSU Melati Perbaungan, Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan.(Foto:timenews.co.id/red).

SERGAI- timenews.co.id| Untuk meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai. Koperasi Sergai Mandiri Sejahtera jalin kemitraan dengan RSU Melati Perbaungan untuk memanfaatkan Fitbumino, fitbumin Vemuno dan fitbumin haruan untuk Pasien di RSU Melati Perbaungan.

Dalam kesempatan ini, Budi mengatakan Fitbumino adalah suplemen kombinasi bahan alam yang terbukti memiliki aktivitas farmakologis sebagai peningkat imun tubuh dari ikan gabus (Channa striata) Meniran( phyllanthus niruri) dan temulawak( Curcuma xanthorrhiza).

Menurutnya, Fitbumino ini berbentuk kapsul dan fitbumin vemuno adalah supplement dalam bentuk sirup yang di produksi oleh PT. Akar Rimba Nusantara Medan – Sumatera Utara yang sudah memiliki izin siap edar dari BPOM,”ujar Budi selaku ketua Koperasi Sergai mandiri Sejahtera Senin(6/9).

Sambung Budi, bahwa Supplement Fitbumino, fitbumin Vemuno, fitbumin haruan, ini sudah melalui hasil riset di Laboraturium Falkutas Farmasi Universitar Sumatera Utara (USU) Medan yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh dan daya tahan tubuh. Sehingga penderita Covid 19, dan yang menjalani operasi, luka dapat cepat sembuh.

“Dari hasil riset yang dilakukan Tim Penelitian Fakultas Farmasi USU menunjukkan Fitbumino memiliki kombinasi extract ikan gabus, meniran dan temulawak yang memiliki aktivitas farmakologis sebagai peningkat imun karena kaya protein (albumin), lemak, asam amino, vitamin dan mineral.

Sehingga lengkap untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai supplement mempercepat penyembuhan pasien Covid-19,” jelasnya.

“Sedangkan dalam bentuk sirup namanya fitbumin vemuno, dimana komposisi didalam sirup itu kombinasi extract ikan gabus, meniran dan temulawak yang menggunakan madu dan rasa jeruk yang kerap disukai anak-anak,” ucapnya lagi.

Saat ini, Koperasi Sergai Mandiri Sejahtera satu satunya Distributor utama untuk mendistribusi dan memasarkan produk PT Akar Rimba Nusantara tersebut,”ungkap Budi

Tentu, kata Budi. Kondisi ini sangat perlu dukungan pihak Pemerintah dalam mensosialisasikan manfaat produk kesehatan ini. Termasuk Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Sergai agar dapat bekerjasama untuk memanfaatkan produk ini untuk peningkatan imun tubuh menghadapi covid-19 di Kabupaten Sergai khususnya di Indonesia umumnya.

“Hari ini kami merasa senang, Direktur RSU Melati Perbaungan Dr. Tondy dapat menerima Produk kesehatan yang kami tawarkan, Dimana Rumah Sakit Melati Perbaungan adalah Rumah Sakit terbesar di Kabupaten Sergai,”ujarnya.

Bahkan untuk orderan pertama RSU Melati Perbaungan memesan 10 lusin fitbumino dan fitbumin vemuno 2 lusin”ujar Budi.

“Ya, Untuk menjalin mitra dengan Koperasi pemasaran Serdang Bedagai Mandiri Sejahtera, RSU Melati Perbaungan order 10 lusin fitbumino dan fitbumin vemuno 2 lusin, itu untuk kebutuhan pasien Covid 19 di rumah sakit dalam peningkatan imun tubuh pasien,” pungkasnya.

Sementara, menanggapi produk kesehatan tersebut Direktur RSU Melati Perbaungan Dr.Tondy mengatakan sangat senang, karena di Kabupaten Serdang Bedagai ada pabrik PT Akar Rimba Nusantara yang memproduksi produk kesehatan yang disangat dibutuhkan masyarakat untuk penyembuhan luka dan peningkatan imun tubuh.

Dr.tondy mengetahui bahwa Fitbumino untuk peningkatan imun tubuh dan fitbumin Vemuno( sirup) baik untuk anak-anak ini bagus untuk kesehatan, dan untuk yang baru operasi seperti ibu melahirkan dan penyembuhan luka diperlukan fitbumin haruan”ujar Tondy.

“Dia berharap, semoga Produk kesehatan ini benar benar dapat menjadi suplemen mujarab bagi pasien yang di rawat di rumah sakit umum Melati Perbaungan,” tandasnya.(red).