Sambil Ngopi, Wakil Bupati Adlin Tambunan Serap Aspirasi Serikat Pekerja

120

Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan bersama Serikat Pekerja Buruh Serdang Bedagai(ist)

 

SERGAI, Timenews.co.id|Menyerap aspirasi tidak hanya dilakukan dalam lingkup formal, namun juga bisa dilangsungkan dalam suasana santai. Seperti yang dilakukan Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan bersama Serikat Pekerja Buruh Serdang Bedagai, Rabu (9/2/2022).

Sambil ngopi, bertempat di Kopitomi Cafe Adlin didampingi Fajar Simbolon Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disnakerkop-UM), Asisten 2 Nasrul Azis, Sekretaris Satpol PP Nazaruddin.

Hal ini guna menampung serangkum aspirasi dari sejumlah buruh yang tergabung dalam berbagai serikat pekerja.

Diantaranya DPC SBSI 1992, DPC SBSI, SPPP, FSPMI, F-SPSI / K-SPTI, OSSPKM, dan DPC Perbuni. Turut hadir Syai Adin sebagai perwakilan dari APINDO Sergai.

Dalam kesempatan tersebut, AS Tanjung mewakili Serikat Buruh mengutarakan bahwa pihaknya sangat membutuhkan peran Pemerintah Kabupaten dalam setiap permasalahan yang terjadi antara butuh dengan perusahaan. Selain pendampingan dari serikat buruh, keberadaan Pemkab juga menjadi titik terang dalam penyelesaian masalah yang ada.

“Contohnya upah. Ada beberapa perusahaan yang masih memberikan ulah di bawah umk. Kami mohon Pemkab mau menjadi mediator dalam hal ini. Bukan itu saja, permasalahn lain pun kami maunya Pemkab ada sebagai penengah,” ucapnya.

Tanjung juga berharap penuh kepada kepemimpinan Darma Wijaya-Adlin Tambunan untuk hadir di tengah-tengah serikat pekerja.

“Yang lalu, biarlah berlalu. Ke depan dengan pemimpin yang baru ini kami mengharapkan ada perhatian pemerintah untuk kami,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Adlin menampung aspirasi yang disampaikan serikat. Namun, ia meminta kerjasama untuk oelaporan masalah yang dihadapi para buruh.

“Kami posisinya tidak bisa membela satu pihak. Namun, menjadi oenghububg dan mencoba membantu menyelesaikan masalah yang ada. Kawan-kawan silahkan laporkan ke Disnaker untuk selanjutnya kami upayakan terhubung dengan pengusaha atau pemberi kerja,” ujarnya

Adlin juga mengharapkan serikat buruh untuk aktif membantu program pemerintah.

“Kalau anggaran memang saat ini fokusnya ke penanganan Covid. Namun ada prioritas lain yaitu jalan. Kawan-kawan sepakat kan kalau pembangunan infrastruktur di Sergai ditingkatkan?” tanyanya yang disambut dengan pernyataan setuju dari para buruh.

Bagi Adlin, pertemuan yang menghasilkan komunimasi dua arah seperti ini sangat baik bagi Pemkab dalam menerima aspirasi masyarakat.

“Semuanya dalam rangka memberikan masukan-masukan yang baik, tukar pikiran. Kita menunjukkan bahwa dekat dengan siapapun termasuk serikat pekerja,” kata dia.

Adlin juga tak menampik jika Serikat Pekerja terus mengajaknya berdiskusi yang membuahkan gagasan untuk pembangunan Serdang Bedagai ke depannya.(sug)