Sandiaga Uno : Danau Toba Bakal Jadi Tuan Rumah Formula One Di Atas Air

124

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Samosir ,Danau Toba,Selasa 22 Maret 2022(dok.biro komunikasi publik Kemenparekraf)

SAMOSIR, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Danau Toba disiapkan sebagai tuan rumah gelaran Formula One pada tahun depan. Formula One yang dimaksud bukan di sirkuit, melainkan di atas air, yakni F1 Boat Race.

“Tahun depan akan ada event Formula 1 (Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1), ini yang sedang kita siapkan. Jadi kalau MotoGP itu di Mandalika, nanti di Danau Toba ada akan kita hadirkan sekelas MotoGP yaitu Formula One di atas air Danau Toba,” jelas Sandiaga Uno dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 23 Maret 2022.

Untuk itu, pemerintah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung. Salah satunya dengan menggelar Pergelaran Event di Destinasi Pariwisata Prioritas (Pentas) Danau Toba di Pantai Bebas Parapat.

“Pentas Danau Toba akan dilaksanakan sekaligus sebagai tindak lanjut kunjungan dan peresmian sarpras (sarana dan prasarana) pariwisata di Kawasan Danau Toba oleh Presiden RI pada Februari lalu,” ia menerangkan.

Ia menerangkan Pentas Danau Toba merupakan program apresiasi dan fasilitasi bagi para pelaku seni budaya setempat. Kegiatan itu akan berjalan rutin tiap bulan dengan melibatkan pelaku seni budaya dari delapan kabupaten/kota di sekitar kawasan Danau Toba.

Selain sebagai ruang ekspresi dan kreasi para pelaku seni budaya, program itu juga diharapkan Sandiaga dapat mendorong hadirnya event-event berkelanjutan yang menjadi roda penggerak pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan. Nilai-nilai keberlanjutan menjadi salah satu fokus utama dalam kegiatan Pentas.

Dari sisi lingkungan, penyelenggaraan yang mengusung unsur keberlanjutan harus bebas sampah dan menggunakan bahan atau material ramah lingkungan. Sementara, keberlanjutan dari sisi ekonomi terlihat dari pelibatan UMKM lokal sehingga mampu berkontribusi bagi kebangkitan ekonomi masyarakat lokal.

“Dan keberlanjutan dari sisi budaya lokal yakni dengan melibatkan pelaku event dan seniman lokal pada pentas seni budaya,” imbuh dia.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, seluruh pihak diminta bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas di Pantai Bebas agar bisa dipakai secara bergulir.. Sehingga dapat digunakan untuk penyelenggaraan event secara bergulir. “Ini milik bersama, kita harus jaga dengan rasa tanggung jawab, karena ini bagian dari tatanan ekonomi baru,” ucap dia.

Sandiaga berharap program tersebut dapat mendorong pemulihan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. “Pentas Danau Toba ini diharapkan dapat berkontribusi secara maksimal dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan industri parekraf di Indonesia, khususnya di Danau Toba dan Sumatra Utara, sekaligus mendukung program-program kegiatan Kemenparekraf RI yang berkualitas, berkelanjutan dan inklusif,” ujar Sandiaga Uno.(Red)

Sumber:liputan6.com