Satgas Covid-19 Kota Tebingtinggi Giat Sosialisasi Vaksinasi dan Aplikasi Peduli Lindungi

93

Satgas Covid-19 Kota Tebingtinggi Sosialisasi Vaksinasi dan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi di Pusat Pembelanjaan Irian Supermarket, Kamis (07/10/2021).(Foto.dok.istimewa).

TEBINGTINGGI- timenews.co.id| Tim Satgas Covid-19 Kota Tebingtinggi melakukan kegiatan Sosialisasi penerapan Prokes 5M dan Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi dibeberapa sekolah yang ada di Kota Tebing Tinggi.

Adapun sosialisasi dan pelaksanaan diantaranya SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3 dan sekaligus Sosialisasi Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Pusat Pembelanjaan Irian Supermarket, Kamis (07/10/2021).

Kegiatan ini untuk memastikan penerapan Prokes 5M di sekolah terkait pelaksanaan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) Terbatas yang sudah digelar sejak Agustus 2021 dan juga sosialisasi vaksinasi bagi pelajar.

“PTM terbatas sudah dilakukan sejak Agustus 2021, untuk itu sosialisasi tentang penerapan prokes 5M harus dilakukan agar tidak terjadi klaster penyebaran Covid-19 di Sekolah,” jelas Kabid Komunikasi Iswan Suhendi, S.STP, M.Si.

“Selain penerapan prokes 5M, himbauan untuk mengikuti vaksinasi juga harus dilakukan, mengingat vaksinasi mampu meningkatkan imun tubuh terhadap Covid-19 ini,” lanjut Iswan Suhendi.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Tebing Tinggi Doanta Surbakti, S.Pd menjelaskan bahwa penerapan belajar mengajar dilakukan sebanyak 33% dari kapasitas kelas untuk membatasi jumlah siswa yang mengikuti PTM setiap harinya, namun sistem daring masih diterapkan untuk memaksimalkan pembelajaran karena PTM ini hanya berlangsung 1-2 jam.

Terkait vaksinasi, siswa/i dari SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3 juga telah divaksin, namun pelaksanaan belum diikuti oleh semua pelajar karena terkendala kondisi fisik siswa yang tidak fit dan juga dari pihak Orang Tua siswa belum memberikan izin vaksinasi bagi anaknya.

“Dari hasil sosialisasi ini, untuk vaksinasi masih belum maksimal karena terkendala orang tua murid yang masih belum memberikan izin bagi anaknya mengikuti vaksin Covid-19. Ini akan menjadi catatan kita bagaimana masyarakat bisa mengerti pentingnya Vaksinasi untuk memutus penyebaran Covid-19 ini,” tutup Kabid Komunimasi Diskominfo.

Kegiatan Satgas Covid-19 ini dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di pusat perbelanjaan, tepatnya di Irian Supermarket. Kepada pengelola dihimbau untuk menyiapkan QR Code agar pengunjung dapat melakukan scan QR Code menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat memasuki supermarket.

Tim Satgas Covid-19 ini terdiri dari Jajaran Diskominfo Kota Tebing Tinggi, Satpol PP Kota Tebing Tinggi, Polres Tebing Tinggi dan Koramil-13/TT serta Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).**