Satlantas Polres Sergai Gelar Pelatihan Safety Riding dan Sosialisasi kepada Pelajar

64

Kasat Lantas Polres Sergai, AKP. Agung Basuni saat memberikan sambutan dalam pelatihan safety Riding dan Sosialisasi Peningkatan Disiplin Protokol kesehatan kepada Pelajar se- Kabupaten Serdang Bedagai di lapangan Uji Praktek SIM Polres Sergai. Rabu(29/9).(Foto:Sugi/timenews.co.id)

SERGAI- timenews.co.id| Satuan Lalulintas (Satlantas), Polres Serdang Bedagai menggelar pelatihan safety Riding dan Sosialisasi Peningkatan Disiplin Protokol kesehatan kepada Pelajar se- Kabupaten Serdang Bedagai.

Giat pelatihan tersebut dalam rangka Operasi Patuh Toba 2021, dengan memberikan penerangan tentang tertib berlalulintas melalui media Safety Riding sebagai bagian dari pelayanan polri. Rabu(29/9/2021) di lapangan Uji Praktek SIM Polres Sergai.

Kasat Lantas Polres Sergai, AKP. Agung Basuni yang secara langsung memimpin kegiatan pelatihan Safety Riding dilokasi mengatakan bahwa kegiatan tersebut berdasarkan STR Kapolri Nomor:STR /80/II/PAM.3/2020 tentang langkah- langkah mengantisipasi dan pencegahan terhadap Virus Corona.

Selanjutnya, tentang rencana Ops Patuh Toba 2021 Nomor, R/RENOPS/07/IX/OPS.1.3./2021 Tanggal 17 September 2021 tentang pelaksanaan Ops Patuh Toba 2021 dalam Rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keamanan dan Kelancaran Lalulintas di Kabupaten Serdang Bedagai.

Sambung Kasat. Giat Safety Riding bertujuan untuk memupuk kesadaran para pelajar, agar mengerti dan memahami tata
tertib Berlalulintas di Jalan raya.

Selain tertib berlalulintas, kita juga memberikan Edukasi serta Sosialisasi agar Para pelajar mengerti tentang tertib
berlalu lintas dan memberikan pengalaman serta masukan kepada orang lain seperti teman teman, keluarga dan orang- orang sekitar tentang penting nya tertib Berlalu lintas,”ujar AKP Agung Basuni.

Untuk itu, diharapakan kedepan nya melalui sarana Safety Riding tersebut para pelajar bisa menjadi Pioner untuk menjadi Duta Pelopor keselamatan dimana mereka berada,”ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, sambung Kasat. Ada beberapa Edukasi yang diberikan seperti melaksanakan ujian tertulis tentang keselamatan tertib Berlalulintas di jalan raya, melaksanakan ujian praktek tentang tata cara mengendarai kendaraan bermotor yang baik dan benar.

Disamping itu, kata Kasat. Juga para pelatih dan pembina memberikan Edukasi tentang tertib Berlalulintas, seperti kelengkapan pengendara seperti SIM dan STNK, Pengetahuan dalam berkendara yang baik dan benar. Kemahiran Pengendara dalam mengendarai kendaraan di Jalan Raya.

Terakhir, Tata cara pengecekan kondisi kendaraan sebelum di pakai dan dikendarai, Lampu send, Rem, Tekanan Ban dan Klakson.”ujar mantan Kasat Polairud Tanjung Balai.

Kasat lantas juga memberikan himbauan kepada para peserta Safety Riding tentang protokol kesehatan serta tertib berlalulintas sebelum melaksanakan Pelatihan Safety Riding.

“Giat Safety Riding kepada peserta -Pelajar SMA dan SMK dibagi menjadi 2 kategori yaitu Pelatihan secara teori maupun Praktek,”ujarnya.

Dalam kegiatan Safety Riding tersebut jumlah peserta sebanyak 50 Peserta dari Pelajar yang di bagi menjadi tiga tahap, dengan maksud agar tidak terjadi kerumunan,”pungkas Kasat Lantas.

Pantuan awak media dilokasi, kegiatan Safety Riding dalam rangka OPS Patuh Toba 2021 dan himbauan pencegahaan virus corona berjalan dengan lancar
dan baik.

Para Peserta yang mengikuti Giat Safety Riding memberikan Apresiasi Kepada Kepolisian terkhusus Satuan Lalulintas Polres Serdang Bedagai karena telah memberikan Pelajaran tentang tertib berlalulintas melalui giat Safety Riding dan mengucapkan terima kasih dan memberikan testimoni,”tutupnya.**