Selekda Gulat Sumut 2022 Resmi Dibuka, PP PGSI Beri Apresiasi

521

BINJAI,timenews.co.id|Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP PGSI) Gusti Randa memberikan apresiasi atas terselenggaranya Seleksi Daerah (Selekda) gulat tingkat Provinsi Sumut tahun 2022 di GOR Kota Binjai, Rabu (16/2/2022).

Apresiasi ini lantaran PGSI Sumut menjadi yang pertama menggelar selekda menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

“Sumut jadi pionir dari PGSI-PGSI lainnya dalam menggelar Selekda ini. Kami apresiasi karena persiapan para atlet benar-benar dimaksimalkan jangka panjang untuk PON. Selaku tuan rumah, langkah ini sangat baik,” kata Gusti Randa selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PGSI Sumut saat membuka secara resmi Selekda Gulat Sumut 2022.

Ia menilai, Darma Wijaya sebagai Ketua PGSI Sumut yang belum lama ini dilantik, serius untuk mewujudkan target emas untuk cabang Gulat pada pesta olahraga terbesar nasional itu.

Oleh karenanya, PP PGSI, sambung Gusti Randa, siap memfasilitasi para atlet juara untuk latihan mendalam di luar negeri.

“PP PGSI punya link untuk para atlet melakukan try out di luar negeri. Misalnya Ukraina, negara yang pernah dikunjungi oleh atlet gulat Jawa Timur. Ini penting untuk para atlet mendapatkan ilmu dari sana,” ungkapnya.

Ia pun berharap, dengan persiapan jangka panjang ini Sumut bisa berada di posisi 3 besar untuk gulat dan menekankan pentingnya para atlet untuk menjaga kesehatan dari obat-obatan terlarang

“Kalau bisa selesai ini atlet pemenang di test dopping saja untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya,”

Sementara itu, Darma Wijaya menargetkan atlet gulat Sumut meraih minimal 5 medali emas untuk PON 2024 Aceh-Sumut dan segera melakukan training center (TC) kepada para atlet yang berhasil mencetak prestasi di Selekda ini.

“Kita lakukan Selekda lebih ceat agar persiapan para atlet bisa lebih panjang target kita 5 medali emas,” ucapnya.

Ia juga menyatakan tidak melewatkan peluang untuk para atlet melakukan try out ke luat negeri.

“Kalau PP PGSI memfasilitasi, kenapa tidak kita manfaatkan, ini kan untuk kemajuan gulat Sumut juga,” pungkasnya.

Ia pun berharap para atlet yang bertanding bisa menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding.

Sebelumnya Ketua Panitia Faisal Hasrimy memaparkan Selekda Gulat Sumut 2022 diikut 19 Kabupaten/Kota dengan jumlah atlet sebanyak 241 orang. Adapun kelas yang dipertandingkan yakni Gaya Bebas Putra dan Putri 10 kelas serta Gaya Greco Romawi Putra 10 kelas.

“Kabupaten Karo, Binjai, dan Medan yang terbanyak mengirim atletnya yakni 20 orang,” ungkapnya.

Adapun daftar 19 kabupaten/kota yang menurunkan atletnya yakni Asahan, Binjai, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Langkat, Labuhan Batu, Labusel, Medan, Padang Sidempuan, Pakpak Barat, Pematang Siantar, Samosir, Serdang Bedagai, Tanjung Balai, Tapanuli Selatan, Tebing Tinggi, Toba,

Turut hadir dalam pembukaan yakni Ketua Koni Sumut Jhon Lubis, Walikota Binjai Amir Hamzah, dan para atlet dari 19 kabupaten/kota se-Sumatera Utara.(sug)