Shin Tae Yong: Mental Timnas U-23 Anjlok Sebelum Tanding

102

Timnas Indonesia U-23 kalah 2-3 dari Australia pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. (Arsip PSSI)

JAKARTA, Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong mengakui mental anak asuhnya sudah anjlok sebelum pertandingan melawan Australia U-23 pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Selasa (26/10).

Indonesia harus rela menelan kekalahan 2-3 dari Australia di Stadion Republican Central, Selasa (26/10). Mental pemain jadi sorotan pelatih asal Korea Selatan itu.

“Kalau melawan tim yang lebih kuat dan baik secara fisik, para pemain sudah takut lebih dulu. Padahal mereka punya kemampuan, tetapi karena down sebelum bertanding jadi tak mampu menunjukkan performa yang baik,” kata Shin Tae Yong.

Indonesia mendapat tekanan sejak awal babak pertama. Bahkan, gawang tim Merah Putih nyaris kebobolan di menit keempat lewat titik penalti.

Beruntung kiper Timnas U-23, Ernando Ari Sutaryadi, tampil gemilang dan mampu menggagalkan eksekusi penalti Patrick Wood. Gawang Indonesia pun terhindar dari kebobolan di babak pertama.

Di babak kedua, pertahanan Indonesia kesulitan menahan gempuran Australia sehingga Ernando harus memungut bola dari gawangnya sebanyak tiga kali.

Australia unggul dua gol lebih dulu melalui March Tokich (52′) dan Patrick Wood (58′) sebelum tendangan terukur Witan Sulaeman (68′) mengubah skor jadi 1-2.

Gawang Ernando kembali jebol pada menit ke-76 lewat aksi individu Jacob Italiano. Akan tetapi Taufik Hidayat mampu memperkecil kedudukan lewat tembakan jarak dekat di menit ke-84.

Indonesia masih punya kans untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-23 tahun depan jika mampu meraih kemenangan pada leg kedua yang akan digelar Jumat (29/10).

Untuk mewujudkan hal itu, Shin Tae Yong meminta Witan Sulaeman dkk menyiapkan mental lebih bagus sebelum menghadapi Olyroos di pertemuan berikutnya.

“Jika lebih percaya diri di pertandingan berikutnya pasti hasil akhir akan lebih baik,” ujar Shin.

Sumber : CNN Indonesia