Tingkatkan Perekonomian Daerah, Pemkab Sergai – Pemko Tebing Tinggi Teken Mou

34

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dengan Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan menandatangani kesepakatan bersama (MOU), Selasa (2/11/2021).(Foto/timenews.co.id).

SERGAI, timenews.co.id|Untuk menunjang kemajuan antara daerah yang saling berbatasan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi menandatangani kesepakatan bersama (MOU), Selasa (2/11/2021).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dengan Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan disaksikan oleh Sekda Kota Tebing Tinggi serta sejumlah OPD masing-masing daerah.

Umar menyebut kesepakatan ini adalah lanjutan dari MoU yang pernah dilakukan 5 tahun lalu. Menurutnya dengan adanya kesepakatan ini, Pemko Tebing Tinggi bisa membantu mengembangkan ragam potensi yang ada di Serdang Bedagai.

“Kerjasama antar daerah ini memang perlu diwujudkan. Sergai punya potensi yang kuat di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, serta pariwisata. Kami harap, Tebing Tinggi sebagai kota jasa dan perdagangan bisa berkolaborasi dengan Sergai,” ucapnya.

Ia mencontohkan bidang UMKM. Disebutkan Umar, Kota Tebing Tinggi punya sekitar 15.600 pengusaha UMKM yang bisa berkolaborasindengan Sergai terkait bahan baku.

“UMKM ini membutuhkan barang ataupun bahan baku yang kita harapkan dipasok dari Serdang Bedagai. Kami juga sedang menggalakkan keikutsertaan UMKM di pasar digital,” tambahnya.

Begitu juga soal infrastruktur, Umar berharap sinergitas dengan Pemkab Sergai bisa harmonis agar ruas jalan di Serdang Bedagai yang terhubung dengan jalan kota bisa ditingkatkan kelayakannya.

Mengaminkan pernyataan Walikota Tebing Tinggi, Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya mengharapkan kesepekatan ini bisa berlanjut dengan jalinan kerjasama antar OPD.

“Potensi Sergai sangat banyak. Kita harus berkolaborasi dengan daerah lain agar pengelolaan potensi yang ada bisa maksimal,” tuturnya.

Darma menambahkan, semakin cepat antar OPD menjalin kerjasama, semakin cepat pula perekonomian akan meningkat.

“Kami siap menjalin kerjasama dengan Pemko Tebing Tinggi. Kami harap kerjasama ini bisa meningkatkan perekonomian antar daerah,” ujarnya.