TKPK Kota Tebingtinggi Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan

90

Wakil Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar, M.M memimpin rapat di TKPK di aulah Bappeda Kota Tebingtinggi.(dok.kominfotebingtinggi).

TEBINGTINGGI- Wakil Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar, M.M menggelar rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Tebing Tinggi dalam rangka evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan TKPK Kota Tebing Tinggi yang telah dilakukan selama tahun 2021 di Aula Bappeda Kota Tebing Tinggi, Jum’at (03/12/2021).

Dalam arahannya, Wakil Wali Kota Tebing Tinggi sangat mengapresiasi kinerja TKPK Kota Tebing Tinggi karena sudah berjalan dengan baik namun harus terus ditingkatkan.

“Kami menilai bahwa kegiatan-kegiatan TKPK selama ini sudah berjalan dengan sangat baik berdasarkan laporan-laporan yang ada, dan juga responsif ketika ada instruksi dan arahan dari TKPK Pusat yang diketuai oleh Wakil Presiden RI, sehingga hari ini apapun laporan-laporan kegiatan kita, walaupun belum terlaksana secara sepenuhnya sesuai dengan harapan-harapan namun sudah sangat memadai dan sudah dinilai baik oleh TKPK Pusat,” Jelas Wakil Walikota.

Namun, Wakil Wali Kota Tebing Tinggi menyampaikan agar TKPK Kota Tebing Tinggi lebih meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan kegiatan-kegiatannya sehingga mampu menciptakan masyarakat yang berdaya dan mandiri.

“Saya sampaikan bahwasanya perlu untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi,
apa sebenarnya yang harus kita lakukan agar tingkat kemiskinan Kota Tebing Tinggi bisa kita turunkan secara signifikan. Pemerintah itu dinyatakan berhasil melaksanakan pembangunan ketika masyarakatnya itu berdaya (mandiri).”

“Sampai saat ini pemerintah masih mengintervensi dalam hal kesehatan masyarakat melalui BPJS yang anggarannya masih berasal dari pemerintah pusat dan juga anggaran daerah. Inilah yang bagaimana caranya agar secara terus menerus ada upaya-upaya (kita), sehingga pendapatan perkapita masyarakat semakin tinggi dan menjadi masyarakat yang berdaya dan mampu, seandainya pemerintah tidak mensupprot lagi (memberikan bantuan),” jelasnya.

Diakhir Wakil Wali Kota Tebing Tinggi, Ir. H. Oki Doni Siregar, MM meminta kepada seluruh pihak untuk bekerja sama menurunkan tingkat kemiskinan di Kota Tebing Tinggi.

“Untuk itu saya berharap semua pihak terkait saling koordinasi dan berkolaborasi untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Kota Tebing Tinggi agar masyarakat mampu memproteksi dirinya menyelenggarakan sesuatu yang bisa meningkatkan tingkat kesehatannya dan mampu memproteksi keluarganya dari kebodohan, sehingga kedepan masyarakat mampu menjadikan anak-anaknya seorang sarjana,” tutupnya.

Kepala Bappeda Kota Tebing Tinggi Erwin Suheri Damanik yang juga menjabat sebagai Sekretaris TKPK Kota Tebing Tinggi dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarkat Kota Tebing Tinggi.

“Kegiatan ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam Pembangunan di Kota Tebing Tinggi menuju Kota Jasa dan memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas.”pungkasnya.

Turut hadir, Perwakilan KPP Pratama Tebing Tinggi Imelda Ulina Siagian, Perwakilan Univ. Bina Karya Willy Cahyadi, Praktisi Kemisikinan Gazali Siregar serta perwakilan OPD dan perwakilan lurah dan camat se-Kota Tebing Tinggi.(red)