Usai Berbelanja di Pasar Rakyat, Bupati Sergai Tak Kenal Lelah Weekend Ditenda Pengungsian

120

Bupati Darma Wijaya serahkan bantuan korban banjir diposko pengungsian.(Dok.istimewa).

SERGAI-Jika kebanyakan orang atau pejabat memilih untuk berlibur atau hanya sekedar bersantai di rumah bersama istri dan keluarga di hari minggu (weekend), Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya malah lebih memilih untuk memantau korban banjir di posko pengungsian.

Itu dilakukan Bupati Darma Wijaya bersama istrinya Hj Rosmaida Darma Wijaya usai berbelanja kebutuhan pokok di pasar Rakyat Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Minggu (28/12/2021).

Bupati Darma Wijaya terpantau berbelanja kebutuhan pokok berupa sayuran, cabai, bawang, tomat dan lainnya. Tujuannya bukan hanya untuk meramaikan pasar rakyat Sei Rampah, namun hasil belanjanya juga diberikannya kepada pengungsi korban banjir di Kecamatan Sei Rampah.

Setidaknya 11 titik posko banjir di Dusun 7,8,9 dan 10 Desa Sei Rampah dan Dusun III Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah ia sambangi.

Salah seorang pengungsi banjir di Dusun VIII Desa Sei Rampah, Linawati mengaku kaget saat pak Bupati Darma Wijaya menyambangi posko. Ia tidak menyangka orang nomor 1 di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini datang melihat kondisinya di posko pengungsian.

“Kagetlah pak Bupati datang, tiba-tiba bawa cabai, bawang, tomat, wortel, telur, mie instan, beras dan pakaian layak pakai,”ungkapnya.

Iapun mengaku bahwa bahan kebutuhan pokok ini akan dimasak bersama kaum ibu lainnya yang mengungsi karena rumahnya terdampak banjir.

“Memang kami akan memasak makan malam, bantuan pak bupati ini akan kami olah untuk pengungsi lainnya,”tambahnya.

Hal yang sama diungkapkan pengungsi lainnya di Dusun VII Desa Sei Rampah, Apnisar. Pria yang mengenakan sarung ini mengaku bahwa di posko yang ditumpanginya dihuni lebih dari 20 Kepala Keluarga.

“Banyak pengungsinya ini pak. Tadi pak Bupati datang ngasi beras, mie instan, sayur, cabe, bawang. Ini lah memang kebutuhan yang kami perlukan,”ungkap pria setengah baya ini.

Sebelumnya, Bupati Sergai Darma Wijaya mengungkapkan bahwa hasil belanjaan sembako di pasar Rakyat Sei Rampah ini akan dibagikan kepada korban banjir di banyak posko pengungsian.

“Barang belanjaan kita ini akan kita bagikan kepada korban banjir, semoga bisa meringankan sedikit beban para korban yang tertimpa musibah,”ungkapnya usai berbelanja di pasar rakyat sei rampah.

Ia mengaku bahwa hingga kini, sudah hampir sebulan beberapa Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai tertimpa musibah banjir. 5 Kecamatan diantaranya adalah Sei Rampah, Tanjung Beringin, Sipispis, Dolok Masihul dan Tebing Tinggi.

“Ini hari ke 27 banjir melanda Serdang Bedagai. Sekitar 6 ribu Kepala Keluarga atau kurang lebih 34 ribu jiwa terdampak banjir. Kita harap musibah ini segera berakhir, namun masyarakat kita minta tetap waspada,”sebut Darma.(Sugi)