Usai Ninjau Banjir di Dolok Masihul, Bupati Langsung Pimpin Rapat Terbatas

67

Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Kadis PUPR Sergai, Kadis PUPR Johan Sinaga, Kadis Perkim Sofyan Suri, Kadis Sosial Arianto, Kadis Pertanian Dedi Iskandar, Kepala BPBD Hendri Suharto, Kepala Kesbangpol Kaharuddin dan Camat Dolok Masihul Gunawan Jaya Wardana Hasibuan saat meninjau banjir di Dolok Masihul.(Foto/istimewa).

SERGAI, Usai meninjau banjir di Kecamatan Dolok Masihul, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya langsung memimpin rapat terbatas (Ratas) penanganan banjir di Serdang Bedagai khususnya di Kecamatan Dolok Masihul.

Bersama Kadis PUPR Johan Sinaga, Kadis Perkim Sofyan Suri, Kadis Sosial Arianto, Kadis Pertanian Dedi Iskandar, Kepala BPBD Hendri Suharto, Kepala Kesbangpol Kaharuddin dan Camat Dolok Masihul Gunawan Jaya Wardana Hasibuan, Bupati memimpin rapat dirumahnya di Desa Dolok Manampang, Rabu (17/11/2021).

Bupati mengatakan banjir di Serdang Bedagai khususnya di Dolok Masihul akibat sungai tidak lagi mampu menampung air dan curah hujan yang terus menerus mengguyur Serdang Bedagai.

“Banjir ini karena sungai tidak bisa lagi menampung air sehingga meluap ke permukiman warga yang khususnya berdekatan dengan aliran sungai,”ungkapnya.

Untuk mempercepat surutnya air, pihaknya langsung memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk menurunkan alat berat dan memperlancar aliran air.

“Untuk sementara, kita turunkan alat berat. Kita harap aliran air di drainase lancar jadi mempercepat air surut,”tambahnya.

Sebelumnya Bupati Darma Wijaya berkeliling kota Dolok Masihul menggunakan sepeda motor untuk mengetahui apa penyebab banjir dikawasan ini.

Hujan yang mengguyur sejak malam tadi hingga pagi hari membuat sungai yang melintasi Dolok Masihul tidak dapat menampung debit air. Akibatnya air setinggi betis orang dewasa merendam sebagian wilayah di Kecamatan Dolok Masihul sejak pagi tadi.

Iapun menghimbau kepada warga, agar tetap waspada karena dikhawatirkan air akan kembali naik akibat hujan yang berpotensi kembali terjadi.

“Tetap waspada karena kemungkinan hujan kembali turun berdasarkan informasi dari BMKG,”himbaunya kepada warga.

Selain itu, bantuan beras, mie instan dan terpal untuk membantu warga juga sudah disiapkan di kantor Lurah Pekan Dolok. Beras sebanyak 137 goni, mie instan dan terpal disiapkan untuk warga yang terdampak dolok masihul.

Berdasarkan data sementara dari BPBD Serdang Bedagai, sekitar 718 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Kecamatan Dolok Masihul. Yang terparah ada di Desa Pekan Dolok 340 KK, Pekan Kamis 270 KK, Aras Panjang 90 KK, Desa Bantan 10 KK dan Desa Tegal Sari 8 KK.(sug)