Wagubsu Serahkan 600 Bibit Kelapa Pandan Wangi, 80 Ton Bibit Padi dan 175 Ton Pupuk ke 122 Kelompok Tani

843

LANGKAT, timenews.co.id|Sebanyak 600 bibit kelapa pandan wangi, 80 ton bibit padi dan 175 ton pupuk diserahkan kepada masyarakat dan 22 kelompok tani yang ada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. Pemberian bibit dan pupuk ini diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian dan perkebunan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah usai menyerahkan secara simbolis bibit kelapa, padi dan pupuk kepada perwakilan kelompok tani dan penanaman pohon kelapa pandan wangi di Desa Timbang Lawan, Langkat, Sabtu (12/3).

“Kecamatan Bahorok ini adalah daerah pariwisata, masyarakatnya selain pelaku usaha di sektor pariwisata juga ada yang bertani dan berkebun. Semua sektor ini juga dapat mendorong pariwisata di sini maka hari ini melalui Pak Jasman produsen benih unggul kelapa pandan wangi kemudian ada Dinas Perkebunan dan Pertanian Sumut dan Dinas Pertanian Langkat kita ingin membantu mengangkat ekonomi melalui pertanian, perkebunan,” ujar pria yang akrab disapa Ijeck ini.

Lanjut Ijeck, warga di Desa Timbang Lawan akan diberikan masing-masing dua pohon kelapa pandan. Nantinya setelah berbuah, kelapa pandan ini dipastikan akan dicari oleh pemilik hotel atau restauran untuk dijual ke tamu-tamunya.

Sementara itu, Jasman Silitonga pemilik budidaya Kelapa Pandan Wangi, Kebun Sumber Benih Kelapa Pandan Wangi di Serdang Bedagai menyampaikan kelapa ini akan tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 500 mdpl. “Bukit Lawan sangat bisa karena kondisi tanahnya. Bahkan di sini kita lihat banyak pohon kelapa berbuah subur dan bagus,” ujarnya.

Hadir dalam penanaman pohon Kadis Perkebunan Sumut Lies Handayani Siregar, Kadis Pariwisata Sumut Zumri Sulthony, perwakilan Dinas Pertanian Sumut dan Pemkab Langkat.(sug)