Walikota Tebingtinggi : Peran Teknologi Dibutukan

47

Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M berikan kata sambutan pembukaan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kegiatan Fasilitasi Penanaman Modal (FPM) dan Percepatan Berusaha (PB) di Kota Tebing Tinggi Tahun Anggaran 2021di Hotel Malibau, Jl. Jendral Sudirman, Selasa (28/09/2021).(Foto/istimewa).

TEBINGTINGGI- timenews.co.id| Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. membuka Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kegiatan Fasilitasi Penanaman Modal (FPM) dan Percepatan Berusaha (PB) di Kota Tebing Tinggi Tahun Anggaran 2021di Hotel Malibau, Jl. Jendral Sudirman, Selasa (28/09/2021).

Wali Kota Tebing Tinggi menyampaikan konsep terkait dengan penanaman modal dan percepatan berusaha, yaitu Perencanaan yang matang, SDA (Sumber Daya Alam) dan SDM ( Sumber Daya Manusia) yang akan kita gunakan, kondisi keamanan. Fasilitas pendukung didaerah, salah satunya perbankan (memiliki prinsip satu kesatuan untuk ekonomi).

Wali Kota juga menjelaskan bahwa peran teknologi dibutuhkan dalam percepatan berusaha, mulai dari awal perencanaan, pemrosesan, pembuatan di pabrik sampai penjualan dan pemasaran. Jangkauan pasar dalam promosi juga menjadi perhatian dalam percepatan usaha.

“Pasar kita harus ada, yang mau kita masuk (Menengah kebawah, menegah ke atas, kalangan atas). Harus kita cermati. Dan terakhir promosi. Jangan takut berusaha, jatuh bangun didalam bisnis itu adalah biasa. InsyaAllah, kemudahan berusaha dan penanaman modal di Kota Tebing Tinggi bisa kita tingkatkan,” harap Wali Kota.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Surya Dharma, S.H. menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari apa yang disampaikan Wali Kota Tebingtinggi dihadapan Presiden RI pada rapat koordinasi di Jakarta tahun 2019 perihal perlunya penguatan di daerah terkait investasi.

“Ini merupakan motivasi bagi kami, bagaimana sinergitas pelaku usaha dan Pemerintah Kota Tebing Tinggi. Semalam sudah kami mulai di Coin Cafe. Kami juga sekarang sudah melaksanakan kegiatan pemantauan pelaksanaan seiring dengan kegiatan yang telah berjalan beberapa minggu ini dan sedang terjaring terkait pelaporan online, bagaimana membuka ruang bagi sektor tenaga kerja,” urai Surya Dharma, S.H.

Melalui kegiatan ini, kiranya dapat menunjukkan kualitas, investasi daerah yang berkembang dan tata laksana perizinan yang lebih baik kedepannya.

“Harapan kami agar para peserta dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah di dapat melalui kegiatan ini, sehingga kita bersama dapat mewujudkan kualitas, investasi daerah yang berkembang dan tata laksana perizinan berusaha yang lebih baik ke depannya,” harap Surya Dharma, S.H.

Dalam kegiatan ini, semua peserta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, duduk jaga jarak.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gul Bakhri Siregar, S.I.P., M.Si., Kepala Bappeda Kota Erwin Suheri Damanik, S.Sos., M.Si., Sekretaris Apindo Kota Tebing Tinggi Sayed M.A. Budi Dharma, perwakilan Kepala OPD terkait dan perwakilan pelaku usaha se-Kota Tebing Tinggi.**