Yayasan UISU Penuhi SDM Dosen Menuju Unggul

- Minggu, 28 November 2021 | 20:09 WIB

Medan - Peningkatan mutu pendidikan secara berkesinambungan merupakan komitmen Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Dengan target 100 besar perguruan tinggi terbaik skala nasional, perangkat akademik pun terus ditingkatkan dari sisi kualitas dan kuantitas.

"UISU yang merupakan PTS tertua di luar Pulau Jawa, harus menjadi PTS unggul dan masuk 100 PT terbaik skala nasional. Untuk itu, Pengurus Yayasan UISU akan terus seiring sejalan dengan Pimpinan Akademik UISU. Salah satu penguatan yang kami lakukan dan akan terus ditingkatkan adalah penataan SDM Dosen Tetap Program Studi," ungkap Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(K)., FICD, dalam siaran persnya, Minggu (27/11/2021).

Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia ini pun menyampaikan, Yayasan UISU baru-baru ini menerbitkan SK pengangkatan dosen tetap program studi. Ada beberapa program studi yang tenaga pendidiknya yang memenuhi persyaratan baik berdasarkan kualifikasi pendidikannya pada jenjang S2 dan S3 serta kompetensinya telah diangkat menjadi dosen tetap, yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra.

"Ini sekaligus untuk memenuhi rasio minimum yang disyaratkan dalam proses akreditasi," tambahnya.

Didampingi Seretaris Umum Pengurus Yayasan UISU, Ir. Indra Gunawan, MP, Prof. Ismet menyimpulkan bahwa untuk menjadi perguruan tinggi unggul, SDM dosen merupakan salah satu komponen yang harus ditingkatkan kualitasnya. Karenanya, yayasan akan terus mendorong dosen tetap prodi untuk melanjutkan studi ke jenjang strata 3. Bagi yang sudah bergelar doktor, diminta segera mengurus predikat guru besar.

Indra sendiri menimpali, pengurus Yayasan UISU periode 2019-2024 ini berkomitmen kuat membangun semangat kebersamaan dan menciptakan iklim kondusif dengan seluruh elemen UISU, khususnya pimpinan akademik.

"Ini bertujuan untuk percepatan UISU unggul", imbuh Indra.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Asosiasi Dosen Tetap Yayasan UISU (ADOSTY), Dr. Syofyan, S.E., M.Si., mengaku mengapresiasi, bahkan sangat berterimakasih, atas langkah Pengurus Yayasan UISU mengangkat dosen tetap yayasan untuk empat program studi. "ADOSTY menyambut baik. Langkah ini kita pahami telah melalui seleksi ketat, sesuai statuta dan peraturan di UISU dan Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)," ungkap Syofyan.

Syofyan yang pernah menjabat Pembantu Rektor I UISU (2011- 2015) menambahkan, langkah pengurus yayasan mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) pada semester genap TA 2021-2022, merupakan wujud sinergisitas antara Badan Penyelenggara dengan pimpinan akademik. (Ardianto)

Sumber : Kongkrit

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X